Beranda Advetorial Danau Tolire Tempat Liburan Menyenangkan di Ternate Maluku Utara

Danau Tolire Tempat Liburan Menyenangkan di Ternate Maluku Utara

749
0
BAGIKAN
Sumber berita & Foto www.tribunnews.com

Kota Ternate adalah sebuah kota yang berada di bawah kaki gunung api Gamalama yang berada di sebuah Pulau Ternate di Provinsi Maluku Utara, Indonesia.

Kota Ternate merupakan kota kepulauan dengan kondisi topografi sebagian besar daerah berupa gunung dan perbukitan yang  terdiri atas pulau vulkanis dan pulau karang dengan kondisi jenis tanah Rogusal.

Dengan Kondisi daerah perbukitan tentu Ternati memiliki lebah yang menarik. seperti daerah lainnya di Indonesia Ternate juga memiliki destinasi wisata yang menarik. 

Mengenai tempat wisata di Ternate Maluku Utara ada satu tempat wisata yang terkenal yaitu Danau Tolire, selain bentuk danaunya yang unik Danau tolire juga memiliki cerita legenda yang menarik yang berkembang di masyarakat setempat.

Danau Tolire ini berada di bawah kaki Gunung Gamalama, dan merupakan gunung api tertingi di Maluku Utara.

Danau tersebut terdiri dari dua buah danau. Masyarakat setempat menyebutnya dengan sebutan Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil.

Jarak antara danau tolire besar dan danau tolire kecil termasuk dekat hanya sekitar 200 meter.

 Dari kedua danau ini, Danau Tolire Besar memiliki keunikan tersendiri yaitu danau tolire bentuknya menyerupai sebuah loyang raksasa.

Dari pinggir atas hingga ke permukaan air danau dengan kedalaman sekitar 50 meter dan luas sekitar 5 hektare. Sementara kedalaman danau tolire sendiri hingga saat ini masih belum diketahui. Karena sampai saat ini danau tersebut belum ada yang mengukur kedalamannya.

Tetapi menurut cerita yang berkembang di masyarakat danau tolire  berkilo-kilometer dan berhubungan langsung dengan laut.

 Danau Tolire Besar merupakan habitat bagi berbagai macam ikan air tawar.

Namun warga masyarakat setempat tidak ada yang berani menangkap ikan atau mandi di danau ini. Menurut keyakinan warga sekitar danau bahwa danau yang airnya berwarna coklat kekuning-kuningan ini dihuni oleh banyak buaya siluman.

Terlepas dari cerita masyarakat, danau tolire sendiri memiliki pemandangan indah dan merupakan danau yang terkenal di ternate Maluku Utara.