Beranda Kuliner Gohu Ikan, Kelezatan Ikan Mentah Khas Ternate

Gohu Ikan, Kelezatan Ikan Mentah Khas Ternate

264
0
BAGIKAN
Foto : pegipegi.com

GN, Ternate – Makanan tradisional khas masyarakat Maluku utara yang tak kalah
terkenal adalah GOHU IKAN. Terbuat dari ikan mentah dan campuran bumbu berupa bawang merah,daun balakama (daun kemangi), Rica gufu (cabe), lemong ikan (jeruk ikan) dan kacang tanah. Makanan tersebut makin lezat jika berpasangan dengan sagu lombo, kasbi rebus (ubi kayu rebus),pisang rebus dan batata rebus (ubi jalar).

Pembuatan GOHU IKAN sendiri cukup mudah, ikan cakalang segar di cincang halus kemudian di beri lemong ikan, garam halus,lalu di
tambakan irisan bawang, risa dan daun balakama serta kacang tanah cincang. Makanan tradisional ini menjadi incaran wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara saat berkunjung ke Ternate.

Gohu ikan sangat mudah di temukan di Ternate, misalnya di belakang pasar Higienis Ternate, jln Pahlawan Revolusi Kelurahan Gamalama jejeran warung makanan yang menjual masakan tradisional khas Ternate, menyediakan menu Gohu Ikan. Satu posi gohu ikan, di hargai 25 ribu rupiah, harga yang cukup murah untuk manjakan lidah bagi pemburu kuliner tradisional.Sering di setarakan dengan makanan khas jepang sashimi, gohu ikan, menjadi salah satu makanan paling favorit di Maluku Utara. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

14 + three =