Beranda Maluku Utara Mesin PLTS di Kasiruta Dalam Perbaikan Tim ESDM

Mesin PLTS di Kasiruta Dalam Perbaikan Tim ESDM

350
0
BAGIKAN
ilustrasi panel surya

GN-Sofifi, Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Maluku Utara (Malut), Syafrudin Manyila menyatakan akan segera memperbaiki Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang rusak di Desa Tawa, Kecamatan Kasiruta Timur, Kabupaten Halmahera Selatan.

Menurutnya, tim pengawas sudah meninjau lokasi mesin PLTS yang rusak di Desa Tawa. Ia menyebutkan penyebab kerusakan ini, akibat ulah masyarakat. Secara sengaja menambah daya melebihi kapasitas yang ditetapkan. “Akibatnya, inventer rusak dan tidak lagi berfungsi,” ujar Syafrudin saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (6/10).

Saat ini, dinas ESDM langsung berkoordinasi dengan pihak ketiga untuk secepatnya memperbaiki kerusakan tersebut. Hasilnya, bulan ini semua kerusakan mesin PLTS segera dituntaskan. Tujuannya, demi kepentingan masyarakat yang berada di desa dapat merasakan program pemerintah dan menikmati listrik gratis.

Tambah Syafrudin, meski kerusakan mesin PLTS itu ulah dari masyarakat, tetapi masih dalam garansi pemprov selama satu tahun.(ces)