Beranda Maluku Utara Tanam 1000 Pohon Mangrove, “Haji Bur” Di Temani Anak-anak

Tanam 1000 Pohon Mangrove, “Haji Bur” Di Temani Anak-anak

520
0
BAGIKAN

GN-Ternate, Walikota Ternate, Burhan Abdurahman,  Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Ternate  (SKPD) dan  puluhan warga Kelurahan Rua Kecamatan Kota Ternate pulau serta siswa SDN 6 dan anak-anak di kelurahan tersebut, ikut melakukan  penanaman pohon mangrove sebanyak 1000 pohon.

Penanaman pohon mangrove ini bertujuan untuk mencegah abrasi pantai yang mengancam kehidupan warga Kelurahan Rua, pohon mangrove  di tanam di area seluas satu hektar.

Siswa SDN 6 yang ikut berpartisipasi tanam 1000 pohon mangrove
Siswa SDN 6 yang ikut berpartisipasi tanam 1000 pohon mangrove

Pohon magrove  jenis mangrove merah   ini di datangkan bibitnya dari sekitar pulau Ternate, dan di tanam di area seluas satu hektar di Pantai Kelurahan Rua Kecamatan Kota Ternate Pulau, aksi penanaman mangrove di lokasi Pantau Rua  di lakukan, untuk mencegah abrasi yang mengancam pantai tersebut.

Walikota Ternate, Burhan Abdurahman  turut serta dalam penanaman pohon mangrove yang di damping, Kapolsek Ternate Pulau, Danramil Kota Ternate Pulau, Ketua KNPI Kota Ternate serta  Sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Lurah Rua dan warga yang ikut tanam pohon mangrove
Lurah Rua dan warga yang ikut tanam pohon mangrove

Dalam wawancaranya “Haji Bur”  menyampaikan banyak manfaat yang dapat di ambil dengan di tanamnya pohon mangrove ini, salah satunya adalah bisa mengatasi abrasi,  “kalo tidak pesisir bisa habis, jadi kalau ada kesempatan lagi, kita akan terapkan pada daerah pesisir pantai di pulau Ternate” tegasnya.

Sementara itu  Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Iskandar Abdurahman, menambahkan “penanaman pohon mangrove ini  kita galakkan, karena kita ingin mengembangkan destinasi pariwisata mangrove di Kelurahan Rua, pohon mangrove ini  sangat susah kita jaga,jadi butuh komitmen bersama untuk melestarikan hutan mangrove ini, makanya kita butuh dukungan Walikota dan peragkat SKPD Kota Ternate, warga juga di minta untuk sama-sama menjaga tanaman mangrove yang baru di tanam agar mangrove bisa tumbuh  dan dapat mengatasi abrasi pantai” pungkasnya. (HI)