Beranda Maluku Utara Produk Olahan Ikan Laut Khas Maluku Utara siap Ekspor

Produk Olahan Ikan Laut Khas Maluku Utara siap Ekspor

794
0
BAGIKAN

GN-Ternate, Upaya Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku Utara untuk memaksimalkan  hasil olahan laut di Maluku Utara terus di lakukan.

Salah satunya  di  Kota Ternate yang merupakan incubator bisnis, yaitu  industry  olahan   produk  perikanan berupa  abon ikan, ikan asap , steak ikan serta berbagai hasil laut yang di olah menjadi makanan siap saji.

Untuk mendorong agar   produk tersebut bisa di ekspor, Dinas perikanan dan Kelautan Provinsi Maluku Utara gencar melakukan pelatihan  dan memberikan bantuan terhadap beberapa kelurahan yang menjadi sasaran  pengembangan produk pengolahan hasil laut.

Di antaranya adalah Kelurahan Dufa-dufa, Kelurahan Salero, Kelurahan Marikurubu, Kelurahan  Gamalama, Kelurahan Bastiong, Kelurahan  Kalumata dan Kelurahan Ngade. Selain pelatihan agar rasa makanan olahan laut siap saji ini  menjadi  seragam dan tidak berubah-ubah, bantuan berupa produk rumah tangga agar pengolahan makanan tersebut  higienis juga di lakukan.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Malut mengatakan, “kami  terus melakukan pelatihan agar kedepan makanan olahan berbahan baku ikan ini akan bisa di produksi secara massal dan bisa di ekspor  ke  luar negeri” jelas Buyung Radjiloen Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku Utara di sela-sela acara sosialisasi  Project USAID SEA di Hotel Batik Ternate Pagi tadi (8/11). (chand)