Beranda Maluku Utara Tak Hadir Di Haul Nuku, Dewan Pembina Garda Nuku Kecam Gubernur Malut

Tak Hadir Di Haul Nuku, Dewan Pembina Garda Nuku Kecam Gubernur Malut

574
0
BAGIKAN

GN-Ternate, Peringatan Hari Ulang Tahun yang ke 211 tahun,  Jou Kolano Barakati Muhammad Amiruddin atau lebih dikenal dengan nama Sultan Nuku berlangsung  Di Gedung  Duafa Center, Kelurahan Muhajirin Kota Ternate Tengah,  pagi tadi (14/11).

Acara ini  di hadiri, Sultan Tidore Husain Syah, Walikota Ternate Hi. Burhan Abdurahman,  Walikota Tidore Hi. Ali Ibrahim, Mantan Walikota Tidore HI. Mahifa, Forum Pimpinan Daerah Provinsi Maluku Utara, Forum Pimpinan Komunikasi Daerah Kota Ternate, Tokoh Adat Ternate, Tokoh Adat Kota Tidore serta Masyarakat.

Sultan Nuku adalah seorang Pahlawan Nasional Indonesia. Dia merupakan Sultan dari Kesultanan Tidore yang dinobatkan pada tanggal 13 April 1779, dengan gelar “Sri Paduka Maha Tuan Sultan Saidul Jehad el Ma’bus Amiruddin Syah Kaicil Paparangan”.

Penjemputan Sultan Tidore
Penjemputan Sultan Tidore

Peringatan Hari Ulang tahun yang ke 211 ini diawali dengan, Sultan Tidore Husain Syah, beserta Permaisuri di kawal oleh pasukan adat Kesultanan, melakukan peyeberangan laut menggunakan perahu Kora-kora dari Pelabuhan Sultan, di Soa Sio Kota Tidore Kepulauan, menuju Pelabuhan Residen Kota Ternate.

Sultan beserta Permaisuri di jemput Walikota Ternate, Hi. Burhan Abdurahman serta tarian Kapita Gamsia,  selanjutnya Sultan yang di dampingi Walikota Ternate melakukan perjalanan menuju Gedung Duafa Center dengan berjalan kaki yang di kawal ketat oleh pasukan adat Kesultanan.

whatsapp-image-2016-11-14-at-05-34-44

 

Tiba di Gedung Duafa Center, Sultan Tidore di sambut dengan Tarian Salai Oro Domai, Cakalele, dengan  Cakalele Tobaru.

Peringatan Hari Ulang Tahun (Haul) Sultan Nuku ke 211 ini sekaligus  dengan pelantikan Garda Nuku oleh Ketua Dewan Pembina Haji Burhan Abdurahman, setelah melakukan pelantikan dilaksanakan penandatanganan Agremen persekutuan Kieraha oleh para Sultan, Gubernur, Bupati-Walikota se Maluku Utara.

Namun penandatanganan Agremen Persekutuan tidak di hadiri oleh Gubernur Maluku Utara, KH. Abdul Gani Kasuba, hal ini membuat Sultan Tidore dan Anggota Pembina Garda Nuku, Sofyan Daud, menyesalkan ketidak hadirin  orang nomor 1 di Maluku Utara itu.

“Sangat di sayangkan gagasan besar ini tidak di hadiri oleh Gubernur Malut, KH. Abdul Gani Kasuba, sebelum acara ini dimulai panitia maupun dewan pembina sudah berkomunikasi dengan Gubernur untuk menghadiri kegiatan ini, kegiatan ini bukan untuk siapa-siapa tapi semata-mata untuk kemaslahatan bersama, salah satunya melakukan percepatan pembangunan di Maluku Utara, jadi kami mengecam Gubernur”,  ucap Sofyan Daud. (HI)