Beranda Maluku Utara Hari Jadi Ternate Ke 766 Tahun ”Spektakuler”

Hari Jadi Ternate Ke 766 Tahun ”Spektakuler”

1015
0
BAGIKAN
Jumpa pers Panitia HJT ke 766 Tahun di Sekretariat HJT

GN-Ternate,Peringatan Hari Jadi Kota Ternate (HJT)  yang ke 766 Tahun, direncanakan dilaksanakan pada hari minggu (20/11). Sejauh ini persiapan panitia sudah mencapai 90 persen, hal ini di ungkapkan oleh ketua panitia Nuryadin Rahman yang juga Kepala Dinas Pasar Kota Ternate, jumpa pers dengan awak media di sekretariat HJT jalan Sultan Djabir Syah Ternate.

Ketua panitia mengatakan Pada saat launcing HJT akan dilakukan penandatangan kerja sama (MoU) tiga daerah yakni Ternate, Kabupaten Halbar dan Kota Tidore kepulauan sebagai tindak lanjut dari MoU segi tiga emas pada beberapa waktu lalu, Yakni MoU di bidang Pariwisata, Perindustrian dan Pertanian.

Nuryadin menambahkan, penandatangan kerja Sama Dan launcing logo HJT ini akan dihadiri oleh Deputi Pengembangan Destinasi Kementrian Pariwisata, Dirjen UKM Kementrian Perindustrian.

Penandatangan MoU yang membuat perayaan HJT tahun ini sangat berbeda dengan perayaan sebelumnya “seluruh rangkaian kegiatan di pembukaan nanti difokuskan di benteng oranje, dan lokasi ini dipilih karena berkaitan dengan pariwisata dan budaya, sehingga semua kegiatannya difokuskan disitu yang dimulai dengan jalan sehat, senam yang dilanjutkan dengan festival kuliner yang dihadiri dari tiga daerah, sehingga pada festival ini seluruh produk khas maluku utara nanti dilihat pada saat acara launching HJT”, ucapnya.

Pada launcing logo kali ini panitia akan menampilkan beberapa agenda kegiatan yakni Festival Kuliner, Jalan Sehat dan Senam serta penandatangan MoU tiga daerah, selain itu panitia juga menghadirkan sejumlah rangkaian kegiatan pada perayaan HJT 766 yakni Expo produk festival kreasi dan inovasi anak negeri peduli koin nasional, ziarah makam Babullah, Festival Nusa Bahari, Lomba Menulis tentang Ternate, lomba Ekspresikan Ternate Kita, Lomba Fhotografy, Lomba Taman Kelurahan, Halang Rintang, transplantasi terumbu karang, Batobo Race, Kirab Budaya, dan Ternate Berdzikir”.

“Sementara pada tanggal 20 Desember 2016,  ada pesta Rakyat yang menghadirkan group Band NOAH, Kami panitia sudah melakukan komunikasi dengan management NOAH bahwa tanggal 19 mereka akan tiba di Ternate dan mengisi acara puncak HJT”, jelasnya.

Selain itu panitia juga melakukan kerja sama dengan Bagian Kesra Kota Ternate berencana mendatangkan dua ulama besar di acara Maulid Nabi yang dipusatkan di Dhuafa Center “Pada event HJT kali ini mempunyai tujuan untuk promosi daerah dan meningkatkan  pariwisata di Ternate, dan event yang dilakukan pada HJT ini juga untuk melestarikan nilai sejarah Ternate”, tutup Nuryadin. (HI)