Beranda Hukrim Ini Kronologi Penangkapan Buronan Narkoba Oknum Polisi

Ini Kronologi Penangkapan Buronan Narkoba Oknum Polisi

341
0
BAGIKAN
Hendry Badar Kabid Humas Polda Malut

GN-Ternate, Buronan narkoba yang juga oknum  Anggota Polisi Polda Maluku Utara (Polda Malut) Brigpol Ilham Sedek Ibrahim, Berhasil dibekuk  Anggota Satuan Narkoba Polres Ternate   di rumahnya  Kelurahan Kalumata Kota Ternate Selatan.

Penangkapan dilakukan Oleh Satuan Narkoba Polres Ternate dan Propam Polda Maluku Utara, yang dipimpin Oleh Kasat Narkoba AKP Zainal Abidin Syah dan Kabid Propam AKBP Rahmanto Sujudi.

Pada saat  dilakukan penangkapan,  Terjadi kericuhan di dalam rumah tersangka, sebab Ibu tersangka menghalangi Petugas yang mau menangkap Tersangka DPO Narkoba Tersebut.

Kabid Humas Polda Maluku Utara,  Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Hendri Badar mengatakan, Tim Anggota Satuan Narkoba Polres Ternate, mendatangi rumah Ilham Pada pukul 19.30 WIT (7/12), untuk  Menjemput paksa Tersangka Brigpol Ilham Sedek Ibrahim dengan membawa surat penangkapan,  namun Anggota Narkoba dan Propam mendapat Hadangan dari Orang Tua Ilham yakni Ibunya dengan alasan menunggu ayahnya.

Pukul 20.00 wit, Ayah Tersangka yang juga Anggota Polisi yang bertugas di Badan Narkotika Nasional Provinsi Maluku Utara, yang perpangkat Kompol Sedek Ibrahim tiba dirumah dan bernegosiasi dengan Kanit Opsnal Sat Narkoba Aiptu Abang Kadir,  namun Kompol Sedek Ibrahim tidak mau menyerahkan TSK Ilham dengan alasan merasa dikriminalisasi.

Pukul 20.05 wit, Kasat Narkoba Polres Ternate AKP Zainal Abidin Syah,  menemui Ayah Tersangka  guna melakukan negosiasi dan meminta agar  Ia  menyerahkan tersangka Ilham , namun ayah tersangka tidak mau menyerahkan tersangka.

Ayah Tersangka, Kompol Sedek Ibrahim lantas memarahi Kasat Narkoba hingga  terjadi kericuhan,  adu mulut hingga adu fisik antara kompol Sedek Ibrahim dengan kasat narkoba namun kericuhan tak tak berlangsung lama, Kompol Sedek dan AKP Zainal dilerai oleh Personil Satuan Narkoba dan Provost Polres Ternate dan Polda Malut.

Tersangka Ilham Sedek Ibrahim yang melihat bapaknya sedang beradu fisik dgn Kasat Narkoba langsung berlari ke arah belakang (dapur) dan mengambil parang (golok) dengan maksud akan menyerang Kasat Narkoba Polres Ternate  dan dicegah oleh  anggota Provost Polda Malut yang berada di tempat kejadian perkara.

Anggota Provost  berhasil mengambil parang dari tangan tersangka namun tersangka kembali ke dapur dan mengambil sebilah sangkur dengan maksud yang sama,  namun personil Provost Polda Malut  kembali mengamankan sangkur dari tangan tersangka.

Pukul 21.00 wit, Kasi Propam Polres Ternate melakukan negosiasi dengan keluarga  tersangka dengan dihadiri kuasa hukum tersangka, Abdullah Kahar namun ayah tersangka  Kompol Sedek Ibrahim tak mengijinkan anaknya dibawa petugas.

Pukul 21.20 datang lagi Kompol Edy Siswanto dan anggota buser Polres Ternate datang melakukan negosiasi dan menyarankan agar Kompol Sedek Ibrahim menyerahkan anaknya  Brigpol Ilham, namun Kompol Sedek Ibrahim meminta waktu agar besok (kamis 8/12) Ia  akan mengantar dan menghadapkan sendiri anaknya ke pihak Propam Polda Malut dan selanjutnya diserahkan ke Satuan Narkoba Polres Ternate.

Pukul 21.30 wit, Terjadi kesepakatan antara petugas gabungan dengan ayah tersangka hingga semua personil ditarik dan menyisakan personil Satuan Narkoba yang melakukan penjagaan di rumah tersangka.

Pukul 8.00, kamis (8/11) Kapolres Ternate AKBP  Kamal Bahtiar didampingi personil Provost Polres Ternate, langsung menjemput paksa tersangka dan langsung dibawa ke Polres Ternate, guna dilakukan pemeriksaan. Pemeriksaan tersangka didampingi kuasa hukumnya Abdullah Kahar.

Sementara itu, AKBP Hendry Badar Kabid Humas Polda Maluku Utara membenarkan adanya penangkapan terhadap Oknum Polisi yang berstatus buron.

“ia benar ada penangkapan oleh Tim Polres Ternate dan Polda Maluku Utara”, ungkap Hendry.

Hingga saat ini (pukul 16.00 WIT) tersangka masih menjalani pemeriksaan di Mapolres Ternate.

Oknum Polisi Brigpol Ilham awalnya tertangkap bersama dua rekannya yang juga anggota polisi yakni Brigpol Didik dan Brigpol sasiman di kediaman Brigpol Didik yang terletak di Kelurahan Jati, Kecamatan Kota Ternate Tengah, namun Brigpol Ilham berhasil melarikan diri  pada tanggal 20 September 2016 lalu.(HI)