Beranda Halmahera Barat KM Karamando Tenggelam Di Laut Jailolo

KM Karamando Tenggelam Di Laut Jailolo

1703
0
BAGIKAN
Upaya penyelamatan penumpang KM Karmando Foto : Basarnas

GN-Jailolo, Kecelakaan laut kembali terjadi di perairan Jailolo Halmahera Barat. KM Karamando  siang  tadi  dikabarkan tenggelam  akibat mengalami kebocoran di lambung  sebelah kanan kapal, dugaan lainnya menyebutkan KM Karamando di hantam ombak dengan ketinggian 4-5 meter hingga lambung kapal bocor.

Menurut  data dari Basarnas  Ternate  pada  Pukul 12.15 WIT Basarnas  mendapat  informasi  dari  BPBD Halmahera Barat perihal musibah Kapal Motor  (KM) Karamando  yang berangkat dari pelabuhan Dufa-Dufa Ternate  menuju  pelabuhan  Jailolo Kabupaten Halmahera Barat. Pada pukul  12.30 WIT  tim rescue bergerak menuju  lokasi kecelakaan dengan 2 unit  Sea Raider 400PK dan 1 unit Rescue Boat ukuran 36 meter.

Upaya penyelamatan penumpam KM Karamando
foto : Basarnas Ternate

KM Karamando  keluar dari pelabuhan Dufa-Dufa Ternate sekitar  pukul 11.50 WIT  menuju  Jailolo Kabupaten Halmahera Barat. Dari data manivest  petugas KPLP Dufa-dufa Ternate , KM Karmando mengangkut 64 orang orang, dengan rincian 50 orang penumpang  dewasa, 10  orang  penumpang anak-anak dan 4 orang  anak buah kapal (ABK).

Namun dari data BPBD Halmahera Barat  dilapangan, korban yang berhasil di evakuasi oleh tim gabungan BPBD, Basarnas dan masyarakat Jailolo  sebanyak 70 orang.  41 orang di evakuasi ke pelabuhan regular  Jailolo dan 29 orang di evakuasi ke pelabuhan VIP Jailolo. Seluruh korban di bawa ke RSUD Jailolo Halmahera Barat.

“kenapa korban melebihi manivest  penumpang karena diduga  terdapat  penumpang   gelap yang tidak mendaftarkan nama ke manifest”,  Ungkap Dino petugas BPBD Halbar

Penumpang yang melihat air terus masuk ke dalam kapal mengalami kepanikan sehingga  terjun ke laut. “kapal tenggelam di duga mengalami kebocoran di badan kapal, sehingga air dengan mudah masuk, di tambah dengan cuaca buruk” jelas Dino.

Data  terakhir yang berhasil dihimpun dari Basarnas Kota Ternate dan BPBD Halmahera Barat, 70 orang penumpang selamat dan  3 orang  meninggal dunia (2 orang perempuan dan 1 orang laki-laki) dari kejadian   tenggelamnya  KM Karamando namun hingga kini belum diketahui nama-nama korban yang  tewas  tersebut .(HI)