Beranda Hukrim 800 Personil Polisi Amankan Malam Pergantian Tahun Di Ternate

800 Personil Polisi Amankan Malam Pergantian Tahun Di Ternate

364
0
BAGIKAN
Wawancara dengan Kapolres Ternate

GN-Ternate-Kepala Kepolisian Resort Ternate, Ajun Komisari Besar Ppolisi (AKBP) Kamal Bahtiar, menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Ternate, agar menaati aturan lalulintas dalam merayakan Tahun Baru 2017 yang akan berlangsung  pada Sabtu, 31 Desember 2016 malam nanti.

Kapolres berharap “kepada pengendara   agar  mengikuti aturan lalulintas jangan sampai menimbulkan korban dan menjelang  tahun baru ini malah menambah kedukaan keluarga,” ucap AKBP Kamal Bahtiar saat di wawancara wartawan  di Mapolda Malut, Sabtu 31 Desember 2016.

Foto bersama Kapolres Ternate dengan wartawan Hukrim

Selain itu, Kapolres juga memaparkan, sasaran pengamanan perayaan tahun baru 2017 di Kota Ternate adalah arus  lalulintas  dan kamtibmas.

“Menjelang tahun baru ini, kemacetan pasti ada di titik-titik tertentu. Sasaran kedua itu kamtibmas. Bisa berarti masalah tarkam, kegiatan masyarakat seperti pesta menyambut tahun baru, ini menimbulkan gangguan kamtibmas, apalagi disitu masyarakat sudah mengkonsumsi miras. Jadi kita sudah antisipasi lebih dulu,” ucapnya

Lanjut Kamal, nanti malam akan diberlakukan sistem buka tutup jalur lalulinas. Ini tepatnya di pertigaan depan Hotel Grand Majang Ternate, Kalurahan Takoma, Kecamatan Ternate Tengah hingga meliputi jalur manuju Kantor PT. PLN Cabang Ternate, Pelabuhan Ahmad Yani Ternate,  Pantai Falajawa Satu, Taman Nukila, Hypermart hongga ke Kelurahan Salero, Kecamatan Ternate Utara.

untuk itu kepada masyarakat untuk malam pergantian tahun baru agar menggunakan roda dua saja. untuk mengantisipasi kemacetan, Sesuai pengalaman tahun lalu dengan membawa roda empat atau truck malah menambah kemacetan,” tuturnya.

Sementara itu, personel Polres Ternate yang diterjunkan dalam pengamanaan tersebut sebanyak 140 personel di back-up BKO Polda Malut seperti Brimob, Ditsabhara serta satuan tertutup alias intelijen.

“Jadi bisa berkisar 800 personel, karena kita di Polres Ternate hanya sedikit personel,” ujarnya.

Ditambahkan, atensi pengamanan Polres Ternate yang di back-up Polda Malut sejak perayaan Natal hingga kini wilayah Kota Ternate terbilang aman.

Kamal menegaskan, Polres Ternate tetap mengantisipasi hal yang dapat mengganggu kenyamanann masyarakat baik menjelang maupun sesudah perayaan tahun baru 2017.

“Termasuk wilayah jalan baru Kelurahan Toboko, Mangga Dua dan Bastiong. Kita akan melaksanakan mobailing baik menggunakan roda dua dari Polres Ternaate bersma sama dengn Polda Malut, kita tetap melaksanakan patroli ke tempat tempat yang di jadikan masyarakat melaksanakan kegiatan kegiaan pesta. Kita antisipasi jangan sampai nanti ada masalah hal hal yang kita tidak inginkan seperti tawuran dan lainnya.

 

Pengamanann serupa juga dilakukan di seluruh tempat wisata di Kota Ternate yang di back-up Dit Polair Polda Malut.

“Kita sudah tempatkan anggota yang melakukan pengamanan dibantu dari Polair Polda Malut. Terutama tempat wisata pantai. Kemudian di tempat lain juga seperti kolam renang tetap kita lakukan pengamanan,” terangnya.

Kamal menghimbau agar masyarakat yang bepergian dari rumah lebih dulu memastiak seluruh isi rumanya dalan keadaan aman seperti alat masak memasak yang masih menyala supaya di cek supaya tidak ada yang ditinggal, karena penyebabnya bisa terjadi kebakaran.

“Mengantisipasi apabila masyarakat yang menggunakan transportasi laut agar memperhatikan masalah keselamatannya karena saat ini masalah cuaca ekstrim. Juga kepada pengelola kapal supaya betul betul paya keselamatan itu dijaga dengan mengecek mesin, nahkoda hingga fisik kapal. Kemudian dibantu KSOP maupun Syahbandar supaya tidak terjadi lagi kecelakaan laut,” tutupnya.HI