Beranda Maluku Utara Gunung Gamalama Keluarkan Hembusan Dengan Abu Vulkanis Tipis

Gunung Gamalama Keluarkan Hembusan Dengan Abu Vulkanis Tipis

356
0
BAGIKAN
Gunung Gamalama Ternate tertutup kabut tebal. Foto : Widi

GN-Ternate, Gunung  api Gamalama Ternate  kembali mengeluarkan  hembusan  pada  pukul 08.48 dan pukul 09.31 WIT , hembusan tersebut mengeluarkan  abu vulkanis  tipis yang  tersebar di selatan dan tenggara Kota Ternate.  Sementara  itu dari  pantauan  Stasiun Pengamat  Gunung Api  (PVMBG)  Ternate, Gunung  Gamalama  tertutup  awan tebal.

Peningkatan aktifitas  Gunung Api Gamalama  sendiri sudah terjadi sejak tanggal 10 Desember 2016 lalu.

Darno Lamane Kepala Pos Pemantau Gunung Api Gamalama Ternate

Menurut Darno Lamane, Ketua Pos Pemantau Gunung Gamalama,  Pusat Vulkanologi  dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Ternate,  abu vulkanis  Gamalama  tersebar di selatan dan tenggara Kota Ternate, “dari visual tidak bisa kita amati karena  Gunung Gamalama tertutup kabut tebal. Benar bahwa tadi pagi telah terjadi gempa hembusan dan disertai abu vulkanis  tipis” ungkap Darno.

Sementara itu, Darno meminta warga  tetap  waspada dan tidak terpancing akan isu-isu  terkait  meletusnya Gunung  Gamalama.” Warga yang  tinggal dibantaran kali juga kami minta waspada jika hujan turun,  pendaki  dan wisatawan di harapkan tidak mendekati  Gunung  Gamalama  dengan radius 1,5 Kilo Meter”, tutup Darno Lamane. (*)