Beranda Advetorial Barifola Bangun Rumah Warga Kalumata

Barifola Bangun Rumah Warga Kalumata

546
0
BAGIKAN
Serah Terima Kunci Rumah Dari Ketua Umum IKT H. Burhan Abdurahman Kepada Nenek Ima

GN-Ternate,  Nenek  Ima wanita paruh baya berumur 64 tahun warga Kelurahan Kalumata Kota Ternate Selatan, menangis. Tangisan haru Nenek  Ima terlihat  jelas  saat   Dirjen IKM  Kementrian Perindustrian  RI menyerahkan kunci rumah kepadanya.

Ketua Umum IKT Provinsi Maluku Utara, Dirjen IKM Kementrian Perindustrian RI dan Nenek Ima Masuk Ke Rumah Baru

 

Rumah sederhana miliknya, dibangun IKT melalui Program Barifola  kurang  lebih  5 hari saja. Perempuan paruh baya yang berprofesi sebagai pedagang sayur di pasar Kota Baru Ternate itu, tak mampu berkata-kata.

Dirjen IKM dan Ketua Umum IKT

Impiannya selama puluhan tahun bekerja untuk  memiliki rumah layak huni akhirnya terkabul. Rumah sederhana yang terletak di Kelurahan Kalumata miliknya, ternyata dilirik oleh IKT dan dijadikan target untuk direnovasi.

Hasilnya,  penyerahan kunci dilakukan penuh dengan keharuan. Mengenakan baju berwarna putih, ia terus menangis  tak percaya rumahnya miliknya kini sudah siap ia tempati lengkap dengan perabotannya.

Ketua Umum IKT Provinsi Maluku Utara, H Burhan Abdurahman mengatakan, “ sejauh ini Barifola sudah membangun sebanyak 180 rumah tidak layak huni, menjadi layak huni. Dan program Barifola akan terus melakukan aksi social tanpa ada pungutan bayaran. Bahkan  pemilik rumah tidak akan mengeluarkan uang  sepeserpun saat Mujahidin Barifola membangun rumah. Bekal untuk makan Mujahidin Barifola  kami  bawa sendiri, hingga tidak menyusahkan tuan rumah, yang rumahnya kami bangun”, tegas  Burhan disela-sela acara penyerahan kunci selasa malam (17/01) lalu.

Sementara itu, Dirjen IKM Kementerian Perindustrian RI secara simbolis menyerahkan sumbangan pribadi ke Barifola karena terkesan dengan aksi sosial  IKT. “kalau saja di Indonesia ada 10 orang yang serupa dengan Ketua Umum IKT, mungkin tidak ada lagi yang rumahnya tidak layak huni” ucapnya, saat memberikan sambutan dalam penyerahan kunci rumah selasa malam.

Barifola yang artinya Membangun Rumah, yang di ambil  dari bahasa  daerah Tidore. Program Kemanusian yang berlangsung sejak tahun 2008 ini, sudah membangun rumah hampir  di seluruh daratan Provinsi  Maluku Utara.

Aksi sosial  gerakan Barifola oleh IKT  ini mengandalkan uang sumbangan anggota  yang hanya 1000 rupiah sehari.

Hasil  sumbangan anggota tersebut kemudian di gulirkan untuk membangun rumah-rumah warga yang tak layak huni, menjadi layak huni. Uniknya, para mujahidin barifola (orang  yang terlibat membangun rumah) tidak  meminta upah kerja.

Semua dilakukan dengan ikhlas dan rela untuk  tujuan  membantu sesama. (widi)