Beranda Advetorial Tim Saber Pungli Dikukuhkan Walikota Ternate

Tim Saber Pungli Dikukuhkan Walikota Ternate

443
0
BAGIKAN

GN-Ternate, Walikota Ternate HI. Burhan Abdurrahman selasa (17/01/17)

mengukuhkan tim Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) Kota Ternate. Dalam pembentukan tim Saber Pungli  ini semua unsur dilibatkan diantaranya, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Ternate, Polres Ternate, pihak Pengadilan Negeri (PN), Kodim 152, Polisi Militer Angkatan Laut serta beberpa instansi teknis lainnya.

Walikota Ternate, Kukuhkan Tim Saber Pungli

Pada kesempatan tersebut, Walikota Burhan Abdrrahman mengatakan sesuai amanat UU Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Pungutan Liar (Satgas Sapu Bersih), maka Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate resmi membentuk unit Satgas Pungli dan telah mengukuhkannya.

“Satgas pungli dibentuk untuk memberantas praktek pungli dan oknum-oknumnya, khususnya pada intansi yang memberi pelayanan kepada masyarakat,” tegas Walikota usai pengukuhan

Tak hanya itu, unit saber pungli berkewenangan memberikan rekomendasi kepada kepada pemerintah daerah untuk memberikan sanksi kepada pelaku pungli sesuai dengan ketentuan undang-undang. “Sedangkan unit saber pungli mempunyai fungsi yaitu fungsi intelijen, pencegahan, penindakan, dan yustisi.” Terang Walikota.

Walikota juga meminta masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam pemberantasan pungli, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui media eletronik atau non eletronik dalam bentuk informasi, pengaduan, pelaporan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Saya mengingatkan kepada Unit Satgas Saber Pungli yang baru dikukuhkan untuk melakukan respon cepat terhadap pengaduan yang disampaikan masyarakat,”  tutupnya. (nn)