Beranda Hukrim Atasi Peredaran Tembakau Gorila, Kepala BNNP Malut Himbau Orang Tua Awasi...

Atasi Peredaran Tembakau Gorila, Kepala BNNP Malut Himbau Orang Tua Awasi Anak

266
0
BAGIKAN
Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Maluku Utara (BNNP), Kombes Pol. Drs. Richard M. Nainggolan, MM.MBA

GN-Ternate,  Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Maluku Utara (BNNP), Kombes Pol. Drs. Richard M. Nainggolan, MM.MBA mengingatkan para orang tua untuk menjaga anak remaja dari berbagai bujuk rayu para pengedar narkoba yang ingin melanggengkan pasar narkoba  dengan menciptakan narkoba jenis baru. Salah satunya adalah “tembakau gorilla” yang saat ini tengah  menjadi perhatian publik.

Tembakau gorila didalamnya terkandung  bahan kimia sintetis yang menduduki reseptor biologis Cannabinoid (sehingga disebut cannabinoids sintetik), kemudian dicampurkan kedalam tembakau biasa, herbal ataupun bahan lainnya seperti tablet, pil, cairan dan lain-lain.

“Jadi masalahnya bukan pada tembakaunya tapi pada zat yang sudah disebutkan yang dicampurkan ke dalam tembakau tersebut,” Kata pria alumnus UTS Australia ini.

“Lebih parah lagi, pemasarannya melalui medsos seperti Facebook, Twitter ataupun Instagram sehingga mudah diakses dengan nama  Ganesha, Sun go kong, Natareja, tembakau super atau tembakau sehat. Semuanya adalah jenis dari Cannabinoid Syntetic, mungkin dengan kandungan zat kimia tambahan yang berbeda, tapi umumnya sama.

Bahan-bahan berbahaya tersebut berdampak halusinogen dan efeknya lebih parah dari ganja alami, menimbulkan Tremor, Kejang-kejang bahkan kematian akibat detak jantung yang berhenti mendadak ”, terang Kombes Pol. Drs. Richard M. Nainggolan.

Mengatasi peredaran tembakau gorila yang sangat mudah diperoleh anak muda ini, membuat pihak BNN, Menghimbau kepada Orang tua agar menjaga atau mengawasi anaknya dari zat berbahaya ini tersebut.

lanjutnya, BNN dan Badan POM dibawah kementerian Kesehatan akan segera memasukkan jenis ini ke  narkotika golongan dengan ancaman pidana maksimal hukuman mati bagi para pengendar.

Ditambahkannya  ” yang perlu disadari oleh kita semuanya adalah keinginan pengedar yang selalu mencari pangsa pasar baru, sehingga menciptakan berbagai jenis narkoba sebagai daya tarik, dan karena narkoba bisnis yang menguntungkan bagi para bandar maka mereka tak peduli jika generasi muda kita hancur,peran orang tua sangat penting”, Kata Richard.

Lebih lanjut dikatakan Richard, “pemuda Maluku Utara harus cerdas, dan jangan mau dibodohi para bandar, karena mereka menikmati keuntungan dari menjual narkoba dan jangan sampai mencoba Narkoba jenis apapun”, pungkasnya. (HI/ZZ)