Beranda Citizen Journalism “Gembok” Bereaksi Bersihkan Sampah

“Gembok” Bereaksi Bersihkan Sampah

289
0
BAGIKAN
Anak-anak turut ambil bagian dalam aksi bersih-bersih sampah pagi tadi (5/02/17) Foto : Istimewa

GN-Ternate,  Generasi Muda-Mudi Kelurahan Bastiong Karance, yang tergabung dalam GEMBOK, minggu (5/2/ melaksanakan aksi bersih pantai yang dipusatkan di pesisir pantai Benteng Kalamata hingga ke pesisir pantai dermaga fery. Kegiatan dengan tema Gembok Bereaksi Ternate Bebas Sampah ini, didukung Komunitas Sadar Sampah Kota Ternate.

Wali Kota Ternate dalam sambutannya yang disampaikan  Asisten 2 Bahtiar Teng, memberikan apresiasi dan dukungan kepada Generasi Muda-Mudi Bastiong Karance (GEMBOK) atas kegiatan bersih sampah ini. “pemerintah sangat berterimahkasih dan memberikan apresiasi kepada generasi muda bastiong karance yang menggagas aksi bersih-bersih ini, hingga secara langsung meringankan beban pemerintah dalam menangani masalah sampah, semoga warga yang lain sadar akan aksi ini dan tidak lagi membuang sampah di sembarangan tempat.”

Saluran air yang dipenuhi sampah turut dibersihkan

Seperti telah kita ketahui bersama bahwa sampah merupakan problem atau masalah serius yang harus sama-sama kita cari dan pecahkan solusinya. Kita tidak bisa hanya mengharapkan pemerintah untuk menangani hal ini, tanpa adanya kesadaran dari diri kita sebagai masyarakat dalam hal ini Sadar akan bahayanya Sampah maka sama saja pemerintah membuang garam ke laut, meski mengeluarkan banyak biaya hingga triliun pun itu sia-sia.

Menyadari hal tersebut, Ketua Panitia Ariyanto Siraju dalam sambutannya mengajak kepada masyarakat Kota Ternate, khususnya masyarakat warga Kelurahan Bastiong Karance, untuk sama-sama menjaga lingkungan dari hulu hingga ke hilir agar tetap bersih, dengan semboyan Gembok Bereaksi Ternate Bebas Dari Sampah”.

 

“ini bukti kepedulian generasi muda dalam menyukseskan Program Pemerintah Kota Ternate yakni “Ternate Bebas Sampah 2017”, yang dilaksanakan Generasi Muda-Mudi Bastiong Karance, ini murni insiatif dari kawula muda tidak ada unsur lain apalagi kepentingan”, lanjut Toys sapaan akrab ketua panitia.

Kreatifitas Pemuda yang tergabung dalam Generasi Muda-Mudi Bastiong Karance ini adalah awal dari program yang telah mereka rencanakan. Gembok akan menciptakan serta menghadirkan spot-spot wisata Bahari, yang lokasinya di depan Benteng Kalamata hingga ke samping Dermaga Feri. “Untuk menyukseskan program kami ini, mohon kiranya kepada pemerintah daerah, dalam hal ini bapak walikota untuk mendukung program yang telah kami rencanakan ini” , tutur toys penuh harap.

Sementara itu, Ketua Komunitas Sadar Sampah Kota Ternate, Iskandar Abd Rahman mengatakan, ini adalah kegiatan ketiga yang dilakukan masyarakat Kota Ternate, sebelumnya, aksi bersih juga dilakukan di Kelurahan Makassar Timur dan Kelurahan Mangga Dua, namun ini merupakan aksi pertama yang diprakarsai oleh pemuda di kelurahan.

Iskandar juga mengajak masyarakat untuk mengubah pola pikir dan jangan mengeluh, “marilah kita satukan tekad dan niat untuk merubah cara berpikir, mengeluh tidak menyelesaikan masalah. Sampah tanggung jawab kita bersama.

Dinas Kesehatan Kota Ternate dan HAKLI (Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia memberikan bantuan sebagai bentuk apresiasi mereka kepada kepada Generasi Muda-Mudi Bastiong Karance, yakni :

  1. 2 Unit Biogas
  2. 2 Unit Tempat Sampah Roda
  3. 1 Unit Gerobak Sampah
  4. 8 Unit Jaring Cinta

Sementar itu Kordinator Generasi Muda-Mudi Bastiong Karance (GEMBOK), Rifka Sandi Eli menyampaikan terima kasih kepada, Satuan Brimobda Maluku Utara yang dipimpin langsung Wakasat AKBP Jafar Sadik, Kepala Dinas Perikanan, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate, Ibu Lurah Bastiong Karance, serta Komunitas Sadar Sampah dan Komunitas Dive Center yang telah turut mengambil bagian dalam aksi bersih-bersih ini. “Gembok mewakili warga Kelurahan Bastiong Karance mengucapkan terimah kasih kepada seluruh pihak yang telah turut membantu baik secara moril maupun materil hingg terlaksana dengan sukses kegiatan bersih-bersih ini”,  tutur Ongen sapaan akrab Rifka Sandi Eli.(Tanz)