Beranda Citizen Journalism Survei PolMark: Elektabilitas Elang-Rahim Melejit, Mutiara-Kabir Menukik

Survei PolMark: Elektabilitas Elang-Rahim Melejit, Mutiara-Kabir Menukik

320
0
BAGIKAN

GN-TERNATE, Hasil survei PolMark Indonesia menunjukkan adanya tren kenaikan elektabilitas calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) Edi Langkara-Abd Rahim Ode Yani. Sebaliknya tingkat keterpilihan Cabup dan Cawabup Mutiara T. Yasin-Kabir Hi Kahar cenderung mengalami penurunan.

PolMark Indonesia melakukan wawancara secara tatap muka terhadap 440 responden. Mereka adalah warga negara Indonesia di Kabupaten Halteng yang memiliki hak pilih, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun. Survei dilakukan dari tanggal 23 sampai 27 Januari 2017.

Metode yang digunakan multistage random sampling dengan margin of error 4,8 persen serta undecided voters 4,7 dan tingkat kepercayaan 9,5 persen.

“Peningkatan elektabilitas pasangan Edi Langkara-Abd Rahim Odeyani dikarenakan dua faktor utama yakni, faktor pertama adalah putra daerah dan  faktor kedua adalah sosok Edi Langkara-Abd Rahim Ode Yani dianggap sebagai sosok yang merakyat, kata Direktur Operasional PolMark Indonesia, Maikal Febriant di Hotel Grand Dafam-Bela, Rabu (8/02/2017).

Menurut Maikal, meningkatnya elektabilitas Edi Langkara-Abd Rahim Odeyani ini juga dipicu oleh tidak puasnya masyarakat terhadap kinerja bupati saat ini. Tingkat kepuasan masyarakat hanya 33,2 persen. Sementara yang merasa tidak puas sebesar 62,9 persen karena Mutiara merupakan istri dari Bupati Halmahera Tengah saat Ini.

Salah satu faktor utama yang dicermati masyarakat adalah pemerintah kabupaten saat ini belum mengatasi masalah yang paling utama, yaitu masalah pembangunan infrastruktur jalan.

“Calon Bupati dan Wakil Bupati Edi langkara-Abd Rahim Ode Yani unggul 61,1 persen dari calon Bupati dan Wakil Bupati Mutiara T. Yasin-Kabir Hi Kahar 34,1 persen. Sisanya yang merahasiakan 2 persen dan tidak memberikan jawaban 2,7 persen,” ujarnya.

“Seluruh proses wawancara dilakukan secara tatap muka langsung dan dilakukan spot check kepada 20% dari total responden sebagai mekanisme kontrol survei,” tutupnya.

Perlu diketahui, jumlah jiwa pilih di Kabupaten Halmahera Tengah sebesar 33.188 jiwa pilih,  terdiri dari 10 kecamatan dan 61 desa.(HI)