Beranda Kuliner Kedai Bintang, Promosi Kuliner Khas Negeri Para...

Kedai Bintang, Promosi Kuliner Khas Negeri Para Raja (Ternate) Di Kota Palembang

1055
0
BAGIKAN
Kedai Bintang Pelembang promosi kuliner Ternate

Rinny Datu Amas Owner Kedai Bintang : “Rasanya tidaklah berlebihan kalau saya katakan, kekuatan itu tidak datang karena selalu melakukan hal yang benar,tapi lebih kekuatan itu juga datang karena motivasi keluarga  yang sungguh luar biasa”.

 

GN-Palembang,   Berburu kuliner  khas Ternate di  Kota Palembang  adalah tantangan tersendiri.  Yah benar, di  Kota Palembang  Ibu Kota Provinsi Sumatera Selatan, anda sudah bisa mencicipi makanan khas Ternate  yang terkenal  kaya rempah-rempah.

Keluarga Kombes Pol Toto Wibowo SStMK, SH, MH.

Adalah  Rinny  Datu Amas,  Wanita  kelahiran Ternate  yang  giat mempromosikan kuliner khas  Negeri Para Raja (Ternate)  di Kota Palembang,  kota yang sangat terkenal dengan kelezatan  mpek-mpeknya.

Sejak menikah dan harus mengikuti suami  bertugas di luar Kota Ternate, Ia dan keluarga kecilnya kini menetap di Kota Palembang.

Event ulang tahun di Kedai Bintang Kota Palembang

Setelah menjadi ibu rumah tangga, ibu tiga orang putera ini lalu berinisiatif membuka kedai makanan, Kedai Bintang  namanya. Resto mungilnya nan cantik dan nyaman ini terletak di jalan Kapten A. Rivai no 260 Palembang Sumatera Selatan (samping Mpek-mpek  Candy).

Es Kacang Ternate ala Kedai Bintang

Sebagai  seorang  yang  lahir  dan besar di Kota  Ternate, Rinny  didukung  penuh  oleh suami, anak-anak  dan keluarga besarnya saat membuka restoran Kedai Bintang. Berawal dari beberapa kerabat yang kesulitan ingin mencicipi masakan  khas Ternate saat berkunjung ke Kota  Palembang,  wanita alumni SMP N 4 Ternate   Tahun  1992 dan SMA N 1 Ternate  1995  ini kemudian  berinisiatif membuka kedai yang menjual makanan khas Negeri Para Raja (Ternate-red).

Rinny Datu Amas dan Mama Tercinta Ija Soleman

“Dukungan keluarga yang luar biasa , alhamdulillah saya  bersyukur karena mempunyai keluarga  yang hebat,selalu memberikan dorongan semangat,motivasi yang besar, dan luar biasa itu menjadi kepercayaan diri dan saya merasa yakin bisa bersaing dengan pebisnis  kuliner lokal yang ada di kota Palembang. Tanpa kekuatan dan doa dari keluarga,saya tidak bisa sampai ke titik  ini, dimana sangat berani untuk buka usaha kuliner di kota besar seperti Palembang ini,apalagi  dengan menu yang tidak biasa dan unik  khas makanan Indonesia Timur”,  tutur Rinny saat dihubungi  Gamalamanews.com lewat sambungan telepon seluler.

Es Pisang Ijo ala Kedai Bintang

Tepatnya pada tanggal 11 Oktober   Tahun   2015     Kedai Bintang diresmikan, dengan misi menjual kuliner khas Ternate. Menu yang jadi andalan  Kedai Bintang  adalah Nasi Kuning  Gamalama, Gado-Gado Ternate, Es  Kacang Ternate, Lontong  Sayur  Ternate dan  tak hanya itu beragam menu khas  Indonesia Timur  juga di tawarkan di kedainya seperti  Bubur Manado, Es Pisang  Ijo dan Sop Konro.

Nasi Kuning Gamalama yang menjadi menu andalan   Kedai Bintang dibandrol dengan harga  RP  29  Ribu,   gado-gado Ternate hanya Rp 18 ribu saja  sementara   Sop Kondro  Khas Makassar dibandrol  Rp 50 ribu.  Jadi kalau bicara soal harga menu,  jangan ditanya, semua serba murah dan terjangkau di kantong.

Meski  Kedai Bintang  menggunakan tenaga chef  berpengalaman, Istri  dari Kombes  Pol  Toto Wibowo SStMK,SH,MH, tak mau tinggal diam. Beberapa menu khas Ternate, diracik sendiri  oleh perempuan cantik ini.

Rinny Datu Amas dan Suami Kombes Pol Toto Wibowo SStMK,SH,MH

“Kecintaan saya  pada masakan sejak kecil sudah ditanamkn oleh mama (Khadijah Soleman)  dan oma  saya (Mardiana Djafar Nona Soleman), Dua orang wanita yang paling berjasa dalam hidup saya  ini sangat pandai memasak. Sejak kecil saya sudah diajarkan memasak. Maka sejak di bangku SD (Sekolah dasar),  walaupun masih kelas pemula tapi saya sudah bisa memasak. Dan kini kecintaan saya pada masakan saya wujudkan dengan mendirikn Kedai Bintang. Curahan tenaga, pikiran dan cinta pada daerah  kelahiran saya,   dikemas  dalam bentuk promosi kuliner ”, ungkapnya.

Lanjutnya “Buat saya,  berkreasi dan ingin memberikan yang terbaik bagi semua orang itulah satu motivasi dalam mengembangkan usaha. Memang belumlah sempurna karena semuanya ada pasang surutnya, tetapi saya bersyukur, karena saya bisa membantu suami dalam meningkatkan pendapatan dan tarif keluarga. Aplikasikanlah  ilmu dan keahlian yang  Allah SWT berikan kepadamu, hobby  agar menjadi  ladang usaha yang bisa menghasilkan secara ekonomi, tentunya izin suami adalah hal yang terpenting, bekerja dalam fitrahnya, tidak melalaikan keluarga, Insyaallah semua itu akan bernilai sedekah dan mudah-mudahan Allah SWT selalu meridhoi”.

Dessert ala Kedai Bintang

Dari segi promosi,  anak tertua dari pasangan Khadijah Soleman dan Alm Abdullah Datu Amas, tak perlu susah-susah,  langkanya kuliner Ternate di Kota Palembang   ternyata  menguntungkan  Kedai miliknya. Sejak buka jam 08.00 Wita kedai Bintang langsung  diserbu pengunjung. Selain itu keramahan yang ditawarkan  oleh Owner dan  pelayan Kedai Bintang,  kelezatan menu Kedai Bintang adalah senjata utama untuk menarik  pengunjung.

Rinny Datu Amas, Owner Kedai Bintang Palembang

Anak tertua dari lima bersaudara ini  tak banyak neko-neko, tenaga kerja yang dipekerjakan di Kedai Bintang sebagian besar   diambil dari tetangga rumahnya, “ dengan adanya KB (Kedai Bintang-Red)  saya  juga menciptakan  lapangan  kerja, tidak hanya fokus dari  internal keluarga tapi tetangga juga kita libatkan untuk kerja di KB, maksudnya tak lain dan  tak bukan hanya untuk kemanfaatan ummat dan menambah penghasilan keluarga mereka”, kata Rinny.

Karena design ruangan  dengan unsur  vintage, sejumlah acara ulang tahun dan hajatan seperti arisan, reuni, preewed dan lainnya  tentunya jadi menarik dan berkelas jika dilakukan  di kedai bintang.

Menurut salah satu pelanggan, Kedai Bintang tak hanya menjadi tempat makan yang ekslusif tapi juga menjadi tempat  gaul  yang asik. “ saya sering menghabiskan waktu dengan teman-teman satu geng di kedai bintang, tempatnya asik, pelayannya ramah dan paling penting menu makanan cukup unik, lezat dan  harga menu  sangat terjangkau”, tutur  Foni, yang kerap menghabiskan waktu makan siang  bersama  teman-temannya di Kedai Bintang.

Istri dari  Kombes Pol Toto Wibowo SStMK, SH, MH, juga mengatakan,  “sekarang kami tinggal di Palembang,  namun suami bertugas di  Polda Kepulauan Riau (Batam). Suami dan anak-anak adalah mentor terbaik saya. Mereka selalu memberikan support  luar biasa dan menjadi  teladan bagi  saya pribadi. Sering  saya  dikritik  oleh suami  dan anak-anak  tentang  Kedai Bintang, tapi dengan kritikan itulah  saya  bisa maju dengan senyum kebanggaan”, pungkasnya.

Ibarat sekali dayung,  dua tiga pulau terlampui, Rinny wanita cantik  kelahiran Ternate 18 Januari 1977  yang mengaku   sangat  mencintai tanah kelahirannya (Ternate-Red)  tak hanya mendapatkan profit dari Kedai Bintang  miliknya, tapi secara tidak langsung  Ia telah mempromosikan  kuliner khas Ternate, di  Kota Palembang  dimana kuliner  mpek-mpek  dan makanan khas  lokal berjaya menguasai pasar lokal di daerah tersebut.

Nah sob,  kita orang Ternate, tak perlu susah-susah mencari makanan saat berada di Kota Palembang. Cukup ke Kedai Bintang, dan kita bisa memanjakan lidah dengan  menu khas Ternate. (Widi)

 

 

Tinggalkan Balasan