Beranda Hukrim Kapolda Sidak Gudang Bulog

Kapolda Sidak Gudang Bulog

610
0

Gamalamanews.com – Ternate, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Utara, Brigjen Pol Achmad Juri, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Gudang Bulog Ternate, yang terletak di Kelurahan Salahudin Kecamatan Kota Ternate Tengah, Rabu 23/08/17.

Inspeksi Kapolda ke Perum Bulog Ternate ini di dampingi Direktur ESDM Polda Malut, Kasat Brimob Polda Malut, Irwasda Polda Malut, Kabid Humas Polda Malut dan Kapolres Ternate.

Orang nomor satu di Polda Maluku Utara ini datang untuk memeriksa ketersediaan stok beras menjelang Hari Raya Idul Adha serta memeriksa lonjakan harga dan penimbunan.

“Kita harus memastikan ketersediaan stok beras serta kestabilan harga, ini kan mau menjelang Hari Raya Idul Adha jadi ketersedian stok itu harus cukup dan harga pun terjangkau”.

“Inspeksi ini untuk memeriksa ketersediaan beras juga memastikan bahwa tidak ada lonjakan harga beras menjelang Hari Raya Idul Adha, ini adalah instruksi Kapolri”, ungkap Kapolda.

Lanjut Kapolda, untuk ketersediaan beras di gudang Bulog Ternate ini mencukupi hingga tiga bulan kedepan, tidak hanya beras bulog yang tersedia tapi Perum Bulog juga menyiapkan gula dan bawang putih untuk mendukung kebutuhan pokok masyarakat Maluku Utara.

Kapolda juga menegaskan apabila kita mendapatkan penimbunan beras maka petugas kepolisian akan memproses hukum sesuai undang-undang yang berlaku.

“Kalau kita ketahui ada penyimpangan-penyimpangan, kita pasti terapkan prosedur untuk penegakan hukum, untuk itu Polda Maluku Utara juga turut serta menjaga kestabilan harga dan ketersediaan beras di Perum Bulog”, ucapnya.

Maka untuk mengantisipasi adanya penimbunan beras, kami akan melakukan pengawasan dengan petugas yang sudah di bentuk yaitu Satgas Pangan.

Sementara itu, Kasi Pelayanan Publik Perum Bulog Ternate, Malik Abdul Wahab menambahkan, untuk Beras Kesejahteraan Masyarakat atau Rastra, yang berada di Gudang Perum Bulok Ternate ini ada sebanyak 2000 ton lebih dan sementara ini beras yang masih berada di kapal sebanyak 1.800 ton lebih.

Malik menambahkan, Untuk kualitas beras rastra yang ada di Perum Bulog ini memiliki kualitas medium atau beras yang terbaik, dengan harga yang terjangkau yakni satu kilogram beras rastra dijual dengan harga Rp. 1.600 .

Lanjut Malik, untuk ketersedian gula pasir yang berada di gudang saat ini sebanyak 300 ton dengan harga jual perkilogramnya Rp 12.500. Sementara ketersedian bawang putih 13 Ton dengan harga jual Rp 25.000 perkilogramnya”, tutup Malik. (HI)