Beranda Hukrim Tahanan Narkoba Melarikan Diri

Tahanan Narkoba Melarikan Diri

436
0
BAGIKAN

Gamalamanews.com – TERNATE, Salah satu narapidana kasus narkoba, Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Ternate Maluku Utara, yang tengah menjalani pemeriksaan medis di Rumah Sakit Umum Chasan Bosoirie Ternate, lantaran penyakit magh kronisnya kambuh, melarikan diri.

Diduga pelaku berhasil melarikan diri saat petugas lapas yang berjaga di rumah sakit lengah.
Pelaksana Tugas Lapas Kelas II A Ternate, Nirhono Jatmokoadi, yang diwawancarai sejumlah wartawan di kantor Kemenkum HAM membenarkan bahwa ada narapidana yang melarikan diri saat melakukan perawatan di Rumah Sakit Umum Chasan Bosoirie pada Rabu siang kemarin.

“Benar, ada narapidana kasus narkoba, di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Ternate, Maluku Utara berhasil melarikan diri saat menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Chasan Busoiri Ternate Rabu kemarin”, ungkapnya.

Plt Kepala Lapas kelas II A Ternate, Nirhono Jatmokoadi

“Narapidana yang berhasil melarikan diri ini mengalami penyakit magh kronis, kemudian ia dibawa petugas lapas ke rumah sakit umum untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, namun pada saat selesai melakukan pemeriksaan, pelaku berhasil melarikan diri pada saat petugas lembaga pemasyrakatan yang mengawal dirinya kurang adanya kontrol dan pengawasan terhadap pelaku”, jelas Nirhono.

Nirhono menambahkan, “Saat ini petugas Lembaga Pemasrakatan dan Kepolisian Polda Maluku Utara tengah melakukan pengejaran terhadap pelaku yang berinisial RM alias Rudianto Muhammad, warga Kelurahan Toboko Kecamatan Kota Ternate Selatan, dan pelaku telah dimasukkan ke dalam daftar pencarian orang (DPO)”.

“Sebelumnya pelaku yang dijatuhi hukuman penjara selama 15 tahun itu telah menjalani masa tahanannya sekitar 4 tahun lebih, selama menjalani hukuman pelaku sudah pernah dirawat di rumah sakit dengan penyakit yang sama”, tutur Nirhono.

“Selain itu petugas yang melakukan pengawalan terhadap napi tersebut akan dilakukan evaluasi oleh pimpinan sebab mereka telah lalai dalam menjalankan tugas”, tutup Nirhono. (HI)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

17 + 13 =