Beranda Halmahera Selatan Bahrain Minta BMT Kontrol Pemerintahan dengan Baik dan Profesional

Bahrain Minta BMT Kontrol Pemerintahan dengan Baik dan Profesional

169
0
BAGIKAN

Gamalamanews.com – LABUHA, Pelantikan Pengurus Kecamatan Barisan Muda Tobelo Galela (BM-Togale), Kabupaten Halmahera Selatan periode 2017-2022 dihadiri dan dikukuhkan langsung oleh Bupati Halsel Bahrain Kasuba selaku pembina di Desa Sayoang, Kecamatan Bacan Timur, Selasa, (12/9).

Dalam kesempatan tersebut Bahrain, menyampaikan kegiatan tersebut dapat terwujud karena doa dan semangat bersilaturahmi dengan cita-cita yang sama membangun daerah ini yaitu Daerah Halmahera Selatan melalui para generasi muda.

Bupati juga menyampaikan rasa syukur atas pelantikan Barisan Muda Togale yang telah dikukuhkan baik tingkat kecamatan dan desa.
“Alhamdulillah pada malam hari ini kita bisa menyelesaikan satu tugas mulia dari BM-Togale telah mengukuhkan/melantik pengurus tingkat kecamatan dan tingkat desa di wilayah Kecamatan Bacan Timur Kabupaten Halsel dan selamat kepada saudara-saudaraku yang telah dilantik, semoga ini akan menambah semangat “baku sayang dan baku ingat” yang menjadi prinsip orang Tobelo Galela, tegas bupati.

Orang nomor satu ini juga menambahkan kehadiran Togale harus diakui keberadaannya dan pantas untuk menjadi pemimpin negeri ini yang juga merupakan komunitas terbesar di wilayah Maluku Kieraha yang kemudian didukung dengan empat kesultanan dengan mampu mengayomi apa yang menjadi hak komunitas Togale.

“Dari perhimpunan ini tidak terlepas dari paguyuban lain di Negeri Saruma maka telah dibangun Rumah Adat Kita, rumah tempat kita yang dulu, sekarang dan akan datang, jika kita ingin saling baku ingat mari datang ke Kebun Karet untuk mengingatkan bahwa Halsel memiliki beragam etnis yang telah tersebar dalam berbagai Barisan Muda diantaranya: Bajo, Makayoa, Togale dan lainnya yang sama-sama orang Saruma, Halmahera Selatan yang berada di Zajirah Maluku Kieraha ini yang patut dibanggakan”, Jelas Bahrain.

Bupati mengingatkan kepada BM-Togale, jika anda menjadi pengontrol pemerintahan maka kontrollah yag baik dan profesional sesuai tindakan yang tepat untuk membangun generasi muda ini dan generasi muda lainnya serta tak lupa pula untuk mengingat saudara kita yang di tindas oleh Myanmar yaitu warga Rohinya, mari kita berdoa agar mereka diberikan keselamatan dan keluar dari diskriminasi tersebut, tutup Bupati Halmahera Selatan.

Acara pelantikan ini juga dimanfaatkan untuk menggalang dana untuk warga Rohinya yang tak henti-hentinya menjadi perhatian Pemimpin Kabupaten Halmahera Selatan ini serta seluruh warga Halmahera Selatan.

Tampak hadir dalam acara pelantikan Perwakilan Ketua BMT Provinsi Malut Munawir Kasuba, Ketua BMT Kabupaten Halsel M. Zaki Abdul Wahab, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan (Perpan) Sofyan Bachmid, Kepala Dinkes Juri Hendrajadi, Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Marten Puka-Puka, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Saban Ali, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Iksan subur, Kabag Humas & Protokoler Mujiburrahman, Kabag Administrasi Keuangan Mariyanto Ilyas, Kepala Desa Sayoang, Kapita, BM Makayoa, BM Bajo, BM komunitas Papua, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat serta Tokoh Pemuda. (Raja/pn)