Beranda Advetorial Festival Pulau Hiri di Helat, Ajang Promosi Destinasi Wisata Baru di Ternate

Festival Pulau Hiri di Helat, Ajang Promosi Destinasi Wisata Baru di Ternate

493
0
BAGIKAN

Gamalamanews.com – TERNATE, Festival Pulau Hiri 2017 di buka. Sabtu 16 September 2017, ratusan orang menyerbu Kecamatan Pulau Hiri. Pulau kecil kaya potensi wisata itu hari ini punya hajat besar, yakni Festival Hiri yang akan diselenggarakan selama sepekan. Pulau Hiri yang eksotis, terletak tak jauh dari Ternate, lancarnya transportasi menuju Kecamatan Pulau Hiri, menjadi lokasi wisata di daerah itu dapat dijangkau wisatawan.

Dihadiri Walikota Ternate, Kepala Balai Karantina Provinsi Maluku Utara, sejumlah SKPD, Forkompimda Kota Ternate, Perangkat Adat Kesultanan Ternate, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Pulau Hiri.

Walikota Ternate membuka perhelatan akbar itu, ditandai pemukulan tiva, pelepasan perahu layar, dan penandatanganan Prasasti Monumen Sultan Djabir Syah.

Festival Hiri yang digadang-gadang akan dijadikan agenda pariwisata tahunan itu, otomatis diserbu pengunjung, ratusan pasang mata menjadi saksi pembukaan Festival Pulau Hiri, Festival pertama di pulau tersebut.

Pulau Hiri

Dalam acara pembukaan, beragam tarian tradisional dibawakan, diantaranya tarian Soya-soya, tarian Lala dari Halmahera Tengah, serta beragam tarian khas Maluku Utara.

Adapun acara yang akan digelar selama Festival Hiri berlangsung, antara lain Parade Perahu Nelayan, Hau Liyanga atau mancing dengan layangan, Lomba Perahu Oti Side atau Lomba Perahu Layar, Lomba Nasyibi atau Nasyid, Ronda Kololi Pulau Hiri, Lomba Foto Selvi, Makurebe Batobo (lomba renang), Lomba Makurebe Panggayung, Hau Tike Juara (lomba mancing), Atraksi Budaya Kesenian, Pameran Kuliner Khas Hiri, Pameran Foto Hiri.

Perahu Layar di Festival Pulau Hiri

Festival ini akan diselenggarakan tanggal 16 – 23 September 2017.
Walikota Ternate dalam wawancaranya mengatakan upaya pemerintah kota mengembangkan destinasi wisata, maka Festival Hiri akan dijadikan agenda pariwisata tahun Pemkot Ternate. ” Pemerintah Kota Ternate mendukung sepenuhnya penyelenggaraan Festival Pulau Hiri dan Fetival lainnya, kedepan, akan dibuat lebih bagus lagi dan lebih besar lagi, Festival Pulau Hiri akan membuat Pulau Hiri terkenal di Indonesia dan insyaallah di dunia”, ujar Walikota Ternate.

Salah satu spot foto di Pulau Hiri

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada panitia penyelenggara, yang dengan segala keterbatasan mampu menggelar eveent di Pulau Hiri, “Saya sampaikan apresiasi kepada panitia penyelenggara yang mampu menyelenggarakan Festival Hiri meski banyak keterbatasan, tetapi dengan semangat yang berkobar mengangkat pulau Hiri kedepan menjadi daerah yang membanggakan di Provinsi Maluku Utara bahkan Indonesia” pungkas Walikota Ternate. (Rain)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × one =