Beranda Halmahera Selatan Jama’ah Haji Asal Kabupaten Halsel Tiba Di Halsel

Jama’ah Haji Asal Kabupaten Halsel Tiba Di Halsel

169
0
BAGIKAN

Gamalamanews.com – LABUHA, Setelah kurang lebih 40 hari melaksanakan Ibadah Haji, rombongan Jama’ah Haji asal Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Akhirnya tiba dikampung halaman, Minggu (17/09/17) pada pukul 06.45 WIT, dan langsung menuju Aula Kantor Bupati Halsel.

Jama’ah Haji bertolak dari Pelabuhan Ahmad Yani Ternate menuju Pelabuhan Babang menggunakan Kapal Mekar Teratai, pada Sabtu,(16/9).

Rombongan yang tiba di Aula Kantor Bupati langsung diterima oleh Bupati Kabupaten Halsel Bahrain Kasuba, serta unsur Forkompinda dan juga Pimpinan SKPD.

Dalam sambutannya, Bupati Bahrain Kasuba mengucapkan rasa syukur karena tamu-tamu Allah telah kembali ke Kabupaten Halsel dengan keadaan sehat, walaupun Jama’ah yang kembali tidak seluruhnya, karena ada Jama’ah yang masih tertinggal dan bahkan yang ada sudah meninggal Dunia.

“Ini merupakan Ibadah yang sesungguhnya, semoga mereka yang telah meninggalkan kita semua, diterima Amal Ibadahnya serta diterimah disisi Allah SWT, dan mari kita sama-sama mendoakan jama’ah yang masih dirawat disana agar segara sembuh dan bisa kembali lagi ke tanah air, Amin,” ujar Bupati.

Mantan Anggota DPRD Kabupaten Halsel ini juga meminta kepada panitia penyelenggara Ibadah Haji, ditahun-tahun berikutnya untuk pelayanan kesehatan dapat lebih ditingkatkan lagi kepada para jama’ah haji yang akan akan berangkat, tidak dijadikan sebagai formalitas saja, yang menjadi bagian dari administrasi haji, tetapi dapat dilakukan pemeriksaan seintensif mungkin, dan apabila ada Jama’ah yang sakit agar dapat dipertimbangkan keberangkatannya.
“Dalam ketentuan islam manganjurkan bagi yang berhaji harus mampu, tetapi bukan hanya mampu finansial saja, harus mampu dalam semua aspek, termaksud fisik kesehatan,karena sia-sia saja ibadah haji mereka jika keadaan kesehatannya terganggu karena sakit,”kata Bahrain.

Bahrain,juga berharap kepada penyelenggara Ibadah Haji kedepan untuk manasik haji dapat dilakukan tiga bulan sebelum keberangkatan, agar Jama’ah haji sudah lebih mengetahui tata cara berhaji dengan benar, ia juga mengatakan bahwa ditahun 2018 mendatang segala miniatur haji dapat dibangun di Kabupaten Halsel.

“Bukan hanya miniatur Kaba’ah, tetapi Sa’i, Saffa dan Marwah dapat dibangun di Kabupaten Halsel agar para jama’ah dapat melakukan latihan, yang dapat mempermudah jama’ah melakukan Ibadah disana, dimana ini juga bisa diikuti oleh masyarakat yang bukan belum berkesempatan untuk berhaji”. tutup lelaki kelahiran Bibinoi ini. (Raja)