Beranda Halmahera Selatan Capil Minta Peran Kepala Desa dan Masyarakat

Capil Minta Peran Kepala Desa dan Masyarakat

125
0
BAGIKAN

Gamalamanews.com – LABUHA, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), terus melakukan perekaman data di desa-desa untuk mempercepat data kependudukan.

“Jadi kita fokus ke Kecamatan Bacan Selatan, Kecamatan Bacan Timur dan Kecamatan Bacan,” ujar Sekretaris Dukcapil Mahmud Samiun saat di temui, Senin,(18/9). diruang kerjanya.

Lanjut Mahmud, jemput bola ini dilakukan Dukcapil lantaran sampai saat ini, partisippasi masyarakat untuk melakukan perekaman dan tertib administrasi lainya masih kurang.
“Rumitnya karena partisipasi masyarakat sangat kecil,” ujarnya.

Olehnya itu, kata mantan anggota Panwas Halsel ini, menyampaikan saat ini peran k
Kepala Desa sangatlah penting untuk mempercepat perekaman dan kelengkapan administrasi lainnya. “Kalau ini tidak di seriusi akan berdampak juga pada keuangan, misalnya dana DAU,” terangnya.

Lanjut dia, minimnya partisipasi masyarakat juga diduga karena konflik pemilihan kepala desa (Pilkades), masyarakat masih terkotak-kotak. “Ini penting dokumennya, maka proaktif masyarakat dan kepala desa sangatlah di harapkan. kami berharap kesabaran waktu sedikit untuk melakukan perekaman, karena semua data ada pada kita,” tutupnya. (Raja)