Beranda Maluku Utara Museum Trikora, Nasibmu Kini

Museum Trikora, Nasibmu Kini

255
0
BAGIKAN

Gamalamanews,com – MOROTAI, Setelah diresmikan pada tahun 2012 silam, oleh mantan Presiden Ke 6, Susilo Bambang Yudhoyono, Museum Perang Dunia II, yakni Museum Trikora tampaknya tidak lagi terurus.

Museum yang menyimpan bukti sejarah ketika perang dunia ke II ini, terletak di Desa Wawama Kecamatan Morotai Selatan.
Desain modern membuat Museum Trikora tampak unik. Namun jika didekati, banyak fasilitas di museum ini rusak. Hal tersebut, diungkap Pemerhati Rakyat Morotai, Sukardi Eneke, kepada awak media ini.

Sukardi mengatakan, kerusakan fasilitas museum ini membuat minimnya kunjungan wisatawan untuk melihat jejak sejarah Perang Dunia II yang terjadi di Kepulauan Morotai.

Kerusakan terjadi di beberapa plafon ruang museum, keadaan ini diperparah saat cuaca tak bersahabat, kondisi tersebut bisa mengakibatkan patung dan gambar yang menjadi koleksi museum, cepat rusak.

“Padahal, museum yang menyimpan bukti-bukti sejarah Perang Dunia II ini bisa menarik minat wisatawan mancanegara maupun wisatawan lokal untuk berkunjung, dan itu menjadi catatan sejarah Morotai.”

Lanjutnya, “untuk itu, saya meminta kepada Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai, agar serius untuk membenahi museum ini”, harapnya.

“Tak hanya kondisi museum yang mulai terlihat rusak, pemadaman lampu yang sering terjadi di lokasi museum, juga berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan”, cetusnya.

Sementara itu, penjaga museum, Muhlis Eso, saat hendak dikonfirmasi wartawan, sedang tidak berada di lokasi museum”. (IP)

Tinggalkan Balasan