Beranda Halmahera Selatan Menampilkan Sejarah Bacan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Malut Ramai Pengunjung

Menampilkan Sejarah Bacan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Malut Ramai Pengunjung

500
0
BAGIKAN

HALSEL – Pameran Expo Maritim yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Maluku Utara, di Desa Mandaong Kecamatan Bacan Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan, menjadi salah satu promosi wisata dan sejarah Maluku Utara.

Salah satu dinas yang mengikuti pameran expo adalah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Maluku Utara.

Stand Dinas yang dipimpin oleh Syarif Sabatun dan Sekertaris Dinas Rahwan K Suamba ini memiliki pengunjung yang cukup ramai, yakni 326 pengunjung, terhitung dari hari pertama sampai hari ke 3.

Pantauan Gamalamanews.com di lokasi pameran expo, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang paling banyak di kunjungi oleh masyarakat dan pelajar.

Sekertaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Rahwan K Suamba menjelaskan, Pameran kali ini kita tampilkan galeri foto jaman dulu Halmahera Selatan, seperti foto sejarah Sultan Bacan, Surat-surat Sultan Bacan , Rumah Sultan Bacan tahun 1909, foto Kampung Pulau Makian tahun 1938 dan sejumlah koleksi foto benteng di wiayah Malut.

“Pameran ini kita lebih bayak menampilkan sejarah Halmahera Selatan dari tahun 1917 sampai 1938”, ungkap Rahwan.

Rahwan menambahkan, “Foto sejarah Sultan Bacan dan Surat-surat Sultan Bacan serta Kampung Makian ini didapatkan dari tiga negara yakni Amerika, Belanda dan Jepang. ungkap Rahwan. (HI)