Beranda Maluku Utara Raih Penghargaan Kemenpora, Ternate Kota Layak Pemuda

Raih Penghargaan Kemenpora, Ternate Kota Layak Pemuda

393
0
BAGIKAN
Kabag Humas Setda Kota Ternate, M. Saiful Arsyad SH. ME

TERNATE – Peringatan Sumpah Pemuda ke 89 tahun 2017 rupanya mencatat sebuah prestasi tersendiri buat Kota Ternate. Kota kecil di kaki Gunung Gamalama ini berhasil meraih penghargaan Kota Layak Pemuda dari Kementerian Pemuda dan Olah Raga RI.

Diterima langsung oleh Walikota Ternate DR. Burhan Abdurahman SH. MM. Penyerahan penghargaan ini akan diserahkan oleh Menpora, Imam Nahrawi pada tanggal 28 Oktober 2017 besok, di Ballroom Grand Ina Padang Hotel, Kota Padang, Sumatera Barat.

Selain Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, 19 Kota lainnya di Indonesia juga akan memperoleh penghargaan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sebagai Kota Layak Pemuda (KLP).

Sementara itu, Kepala Bagian (kabag) Humas Setda Kota Ternate Saiful Arsyad SH. ME saat dimintai keterangannya Jumat 20/10 mengatakan, “Alhamdulillah undangan resminya telah disampaikan ke kita dan Pemkot, dalam momentum Hari Sumpah Pemuda tahun 2017, memperoleh penghargaan dari Kemenpora sebagai Kota Layak Pemuda,” ujar Saiful.

Menurutnya, ada beberapa indikator yang mendukung Ternate menjadi Kota Layak Pemuda, yakni regulasi yang mengatur tentang kepemudaan yang didukung dengan Peraturan Walikota (Perwali), pembentukan Pemuda Kampung, serta kepedulian Pemerintah terhadap pembinaan pemuda serta keterlibatan pemuda dalam bidang wirausaha.

“Yang paling penting lagi adalah keberpihakan pemerintah kepada pemuda terutama masalah penganggaran yang dialokasikan melalui APBD dan itu merupakan kriteria inti dalam penilaian,” jelasnya.

Dari 20 Kota yang masuk nominasi sebagai Kota Layak Pemuda, 10 diantaranya untuk kategori Utama, 5 Kota lainnya untuk kategori Madya dan 5 lainnya untuk ketegori Pratama.

Pengumuman nominasi 10 besar akan diumumkan pada malam puncak peringatan Sumpah Pemuda ke 89 Tahun 2017 besok malam di Kota Padang Sumatera Barat. Semoga Kota Ternate bisa masuk dalam 10 besar Kota Layak Pemuda di Indonesia. (Aq)