Beranda Maluku Utara Fort Oranje Akan di Jadikan Kawasan Ekonomi Kreatif

Fort Oranje Akan di Jadikan Kawasan Ekonomi Kreatif

192
0
BAGIKAN

TERNATE – Sekertaris Kota  (Sekot) Ternate DR. M. Tauhid Soleman, M.Si, Selasa (31/10/2017) melakukan tinjauan terkait pemugaran Fort Oranje (Benteng Oranje), seperti diketahui semenjak  tiga bulan lalu Benteng Oranje mulai dikosongkan dan dilakukan pemugaran di beberapa titik. Salah satunya adalah di bagian selatan  dalam benteng, maupun beberapa bangunan di dalam benteng yang nantinya di fungsikan sebagai museum.

Saat ditemui wartawan Tauhid menyampaikan, bahwa  pembangunan yang dibangun itu adalah menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Jadi memang  museum ini tidak hanya sekedar museum yang dalam konteks, museum yang diam. “Makanya mesti ada atraksi, aktifitas ekonomi, sehingga museum itu,  menjadi menarik, untuk dikunjungi oleh pengunjung”.

“Makanya tadi saya sudah lihat, dan sudah mendapat informasi bahwa,  sebagian area di arah belakang ( bagian selatan dalam benteng-red) itu kan untuk kegiatan ekonomi kreatif (KEK), termasuk kafe tradisional, kemudian souvenir yang nantinya di jual di area tersebut”, jelasnya.

Tauhid berharap kalau itu (KEK-Red) sudah ada orang akan berkunjung, artinya museum itu tidak hanya dikunjungi pada saat-saat tertentu, misalkan sudah ada kafe dan tempat penjualan souvenir museum itu akan hidup. Artinya tiap hari akan ada aktifitas  maka museum itu akan hidup”.

Sekertaris Kota Ternate DR. M Tauhid Soleman M.Si saat meninjau Benteng Oranje

Pemerintah juga akan memberikan perhatian penuh, karena itu sudah menjadi cagar budaya pemerintah kota, makanya tetap dianggarkan tiap tahunnya. “Kebetulan Unit Pelaksana Teknis  (UPT)  ini dia berada di bawa kendala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan,” tutup Tauhid (HT)