Beranda Maluku Utara Gempa yang Dirasakan di Ternate, Akibat Subduksi Lempeng Laut Maluku

Gempa yang Dirasakan di Ternate, Akibat Subduksi Lempeng Laut Maluku

270
0
BAGIKAN

TERNATE –  Aktivitas gempa swarm siang tadi kembali  terjadi, Kali ini bahkan dirasakan langsung di wilayah Kota Ternate, meskipun titik gempa berada di Jailolo, Halmahera Barat. Gempa tercatat di Kantor Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dengan kekuatan gempa sebesar 5.3 Skala Richter (SR).

Kepala BMKG Kelas II Ternate Kustoro Hariyatmoko saat di temui oleh Wartawan di ruang pemantau, Kamis (09/11/2017) mengungkapkan, “Gempa Swam yang terjadi pada pukul 12.11 WIT, berlokasi 189. lintang Utara, 127.06 Bujur Timur,  83 kilo meter (KM), Barat Laut Jailolo, Halmahera Barat. “jarak titik gempa ke jailolo adalah 83 KM dan kedalamannya 74 KM”.

Menurut Kustoro gempa ini terjadi akibat adanya subduksi lempeng Laut Maluku, dan akibat gempa ini cukup dirasakan oleh masyarakat  Ternate, Maluku Utara sampai Ke Bitung, Sulawesi Utara dilaporkan juga merasakan gempa tersebut.

Setelah terjadi gempa,  tim dari BMKG Kelas II Ternate langsung membuat laporan untuk disebar luaskan melalui, pesan singkat menggunakan aplikasi mesengger yang ada tujuannya agar dengan adanya pesan-pesan seperti itu, diharapkan masyarakat tidak panik. “Kita memberikan realis kepada masyarakat, maupun stakeholder, di Maluku Utara, sebagai pemberitahuan”, ungkap Kustoro.

Menurut dia juga, gempa yang terjadi itu tidak menyebabkan tsunami, tetapi diharapkan kepada masyarakat agar tetap tenang jangan percaya isu yang tersebar dan tetap ikuti apa yang disampaikan oleh BMKG maupun Informasi dari BPBD. (HT)