Beranda Halmahera Selatan Pengurus Baru FKUB Dilantik

Pengurus Baru FKUB Dilantik

259
0
BAGIKAN

LABUHA – Setelah mengalami transisi yang lama dan tidak nampak (Fakum), Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) akhirnya bangkit kembali setelah resmi dilantik oleh wakil Bupati Halsel Iswan Hasjim, Jumat,(10/11) di Aula Kantor Bupati Halsel.

Wakil Bupati Halsel, Iswan Hasjim, dalam sambutannya, berharap agar momentum strategis dalam membina umat beragama di Halmahera Selatan (Halsel) ini dengan dibentuknya FKUB dapat mendorong kemajuan pembangunan di Halsel melalui toleransi antar umat beragama ini.

“FKUB sangat strategis karena menjadi modal dasar yang fundamental dimana seluruh masyarakat terhimpun dalam berbagai agama sesuai ketentuan yang diatur di Indonesia. Maka Forum menuju emas kedamaian di Halmahera Selatan,” ujarnya dalam sambutan.

Olehnya itu, Iswan berpesan, agar semua harus menjaga kedamaian dengan cara deteksi dini, pendekatan persuasif jika ada masalah sehingga bisa diselesaikan secara baik. “Harus ada langkah strategis dari pengurus FKUB sehinga kondisi Halmahera Selatan tetap damai dan aman,” sarannya.
Hal ini karena, Kata Iswan, Konflik tidak hanya antar umat, tetapi juga diinternal agama masing-masing maka harus dikomunikasikan secara baik sehingga tidak perlu harus ada konflik.

Sementara, Ketua FKUB, Adnan Wahid, meminta Pemkab Halsel agar membangun simbol Agama di Halsel berlokasi di taman wisata Kebun Karet Halmahera Selatan sehingga kebersamaan untuk membangun bisa lebih baik dan majemuk .

“Ini agar tidak hanya menggambarkan rumah adat etnis tetapi juga miniatur Agama di Halsel,” jelasnya.
Sementara itu, Perwakilan Kementerian Agama Provinsi Malut, Ibrahim Abubakar, dimana dirinya meminta, proses pendirian rumah ibadah hal yang wajib dimana pengurus harus mempelajari secara baik sehingga tidak menimbulkan masalah.(Raja)