Beranda Maluku Utara Taruna KRI Abdul Halim Perdana Kusuma 355 dan KRI Tulo Indi Gelar...

Taruna KRI Abdul Halim Perdana Kusuma 355 dan KRI Tulo Indi Gelar Kirab Kota

570
0
BAGIKAN

TERNATE – Sebanyak seratus dua orang taruna  dan taruni Akademi Angkatan Laut, KRI Abdul Halim Perdana Kusuma 355 dan KRI Tulo Indi, melaksanakan Kirab Kota di jalan Pahlawan Revolusi Kecamatan Kota Ternate Tengah.

Kirab Kota ini bertujuan mempromosikan dan memberikan motivasi kepada pemuda dan pemudi di Maluku Utara agar dapat bergabung menjadi Taruna Angkatan Laut.

Kirab Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut dilepas di depan Kantor Walikota Ternate oleh Walikota Burhan Abdurahman, di Jalan Pahlawan Revolusi, Minggu sore 12/11/17.

Kirab yang diikuti sekitar 102 orang Taruna dan Taruni Angkatan Laut yang ada di KRI Abdul Halim Perdana Kusuma 355 dan KRI Tulo Indi serta gabungan peserta dari siswa sekolah mengah atas Kota Ternate, Basarnas, Angkatan Darat dan Angkatan Laut.

Dalam kirab ini para taruna dan taruni menampilkan beberapa atraksi kepada masyarakat Kota Ternate, salah satu pertunjukan yang digelar yaitu, memainkan genderang suling, Gita Jala Taruna Akademi Angkatan Laut, alat yang mereka mainkan adalah drum band, belira, bass-drum, trompet dan snar-drum dll.

Taruna dan taruni akademi tidak hanya mempertontonkan keahlian mereka dalam bermain musik tapi juga menunjukan atraksi-atraksi marching band.

Komandan KRI Abdul Halim Perdana Kusuma 355 Letkol Laut Unggul, mengatakan, Tujuan Kirab Taruna Angkatan Laut ini untuk memberikan pemahaman kepada pemuda pemudi di Maluku Utara bagaimana menjadi seorang perwira yang nantinya akan berdinas di TNI Angkatan Laut.

Lanjutnya, “Kemudian disisi lain juga kami bertugas memberikan promosi kepada tempat-tempat yang disinggahi. Kemarin kita berangkat dari Surabaya menuju ke Bitung dan di Ternate, Kirab Kota ini akan berlanjut sampai Sorong, Ambon dan Kendari dan kembali ke Surabaya. Kirab ini diharapkan dapat menarik minat para pemuda dan pemuda untuk bergabung menjadi taruna dan taruni angkatan laut”, jelasnya.

Sementara Walikota Ternate Burhan Abdurahman mangungkapkan, “Pemerintah Kota Ternate akan merespon ini, akan memberikan kesempatan besar bagi generasi muda kita untuk mengikuti tes-tes penerimaan perwira dari 4 angkatan. Tahun depan kita akan melakukan pra kerja sama dengan Korem dan Angkatan Laut, untuk Polda Malut kita sudah lakukan MoU, supaya kedepan generasi muda kita bisa dibina, dibimbing sejak masih di bangku sekolah. Sehingga pada saat mengikuti taruna perwira mereka sudah siap”, tutup Walikota. (HI)