Beranda Hukrim Nelayan Ternate Tewas di Rumpon Ikan Gambesi

Nelayan Ternate Tewas di Rumpon Ikan Gambesi

564
0
BAGIKAN

TERNATE – Niat hendak mencari rezeki dengan cara melaut seorang bapak ditemukan tak bernyawa di perairan sekitar Kelurahan Gambesi, Ternate Selatan.

Kejadian bermula ketika korban Adam (40) Warga Kelurahan Sasa, Pulau Ternate,  berangkat melaut menuju rumpon ikan sejak pukul 01.00 Wit dini hari, menggunakan perahu miliknya.

Kabag Ops  Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Ternate, Syaiful Wijanarta kepada wartawan mengungkapkan, pada pukul  10.15 Wit  tim menerima info dari Anwar Abdullah, pemilik rumpon ikan, bahwa sejak 01.00 Wit, seorang warga  keluar melaut  dan pada pukul 08.30 perahu milik korban ditemukan masih  dalam keadaan mesin hidup, tanpa pemilik di rumpon ikan perairan Gambesi.

“Bermodal laporan tersebut Tim Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Ternate yang beranggotakan 4 personil langsung bergerak menuju LKP dengan menggunakan 1 unit RIB,” tambah Kakansar Ternate, Mustari.

Tim Rescue di bantu warga serta keluarga korban kemudian menyisir lokasi yang diduga menjadi tujuan korban. Dalam pencarian tersebut, warga dengan menggunakan empat bodi. Hasilnya, Tim Rescue yang dibantu warga menemukan korban di rumpon ikan Gambesi.

“Pada pukul 12.30 Tim SAR Gabungan berhasil menemukan korban dalam keadaan meninggal dunia terjebak di bawah rumpon. Korban langsung diserahkan ke pihak keluarga untuk dibawa ke rumah duka”, tutur Kakansar Ternate.”Korban  sudah dikembalikan pada keluarga”, tutupnya.

Sekedar diketahui rumpon ikan, adalah salah satu jenis alat bantu penangkapan ikan yang dipasang dilaut, baik laut dangkal maupun laut dalam. Pemasangan tersebut dimaksudkan untuk menarik gerombolan ikan agar berkumpul disekitar rumpon, sehingga ikan mudah untuk ditangkap. (HT)