Beranda Halmahera Selatan Sambut HKN Dinkes Gelar Berbagai Kegiatan

Sambut HKN Dinkes Gelar Berbagai Kegiatan

366
0
BAGIKAN

LABUHA – Peringatan hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke 53 Tahun 2017, maka Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengarahkan kepada Dinas-Dinas Kesehatan di daerah untuk melaksanakan rangkaian kegiatan.

HKN ke 53 ini menyusung tema “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku”, artinya diharapkan gerakan sehat yang dimulai dari keluarga atau pendekatan keluarga, Inti dari Program ini adalah penggerakan keluarga untuk hidup sehat secara mandiri.Kegiatan-kegiatan yang dirangkaikan ini akan melibatkan seluruh masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Halmahera Sematan melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Halsel juga akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan untuk menyambut HKN ini.
Menurut kepala Dinas Kesehatan dr. Juri Hendrajadi saat diwawancarai diruang kerjanya, Rabu (15/17) menyampaikan bahwa, pada hari Jumat tanggal 17 November, Dinkes Halsel akan mengadakan senam bersama, makan buah bersama, pemeriksaan kesehatan seperti gula darah, kolesterol dan sebagainya, dan juga donor darah. “Kegiatan yang dilaksanakan ini, untuk menjaga kesehatan masyarakat Halmahera Selatan”,jelasnya.

dr Juri juga menyampaikan bahwa di tanggal 20 November, ada upacara puncak HKN akan dilaksanakan di lapangan Kantor Bupati Halmahera Selatan, yang akan dirangkaikan dengan pemberian penghargaan kepada pegawai kesehatan teladan di puskesmas.

Kemudian ada juga pemberian penghargaan yang diberikan kepada kepala desa yang telah berhasil menciptakan desanya bebas dari buang air sembarangan atau istilahnya Open Defecation Free (ODF) serta desa bersih, dan juga pemberian penghargaan kepada kader-kader kesehatan, dan dilanjutkan dengan bakti sosial.

Dimana dalam bakti sosial ini, ada sunatan massal yang dilaksanakan di 32 Puskesmas yang ada Kab.Halsel. “Diharapkan sebelum tanggal 30 November, 32 Puskesmas sudah selesai melaksanakan sunatan massal, saat ini dipuskesmas Babang dan Puskesmas Kayoa telah melaksanakan sunatan Massal lebih dulu”, kata Juri.

Untuk kegiatan selanjutnya, menurut dr. Juri yaitu kegiatan operasi bibir sumbing dan operasi celah langit-langit yang dilakukan secara gratis, pada tanggal 24 sampai 25 November yang dilaksanakan di Rumah Sakit Labuha. Operasi bibir sumbing ini sudah beberapa kali dilaksanakan dengan mengundang lembaga Donor yang dinamakan Smile Trend, mereka mengirimkan tenaga medis dokter spesialis bedah plastik, dan juga spesialis anestesi untuk melaksanakan operasi bibir sumbing dan celah langit-langit ini.

“Dinkes dan juga RSUD labuha sudah melakukan publikasi kepada seluruh Kepala Puskesmas untuk menjaring pasien bibir sumbing, karena sampai saat ini baru terdaftar 7 orang,”imbuhnya.
Kadis Kesehatan juga menambahkan bahwa, Operasi bibir sumbing ini berlaku bukan hanya masyarakat yang menetap di Halsel, tetapi diluar Halsel juga bisa mendaftar, dan tetap gratis.

“Karena ini merupakan bakti sosial, jadi semua akan dilayani, dan akan gratis untuk semua pendaftar Oprasi bibir sumbing, perayaan HKN ini bisa dirasakan oleh semua masyarakat, bukan hanya orang kesehatan saja,” tutup dr Juri. (Raja)