Beranda Maluku Utara Kongres Nasional Ke-V IMTSI, Akan Di Buka Oleh Menteri PUPR RI

Kongres Nasional Ke-V IMTSI, Akan Di Buka Oleh Menteri PUPR RI

170
0
BAGIKAN

TERNATE – Acara pembukaan Pekan Ilmiah dan Kongres Nasional ke-V Ikatan Mahasiswa Teknik Sipil (IMTSI) seluruh Indonesia di Universitas Khairun Ternate. Pada esok  hari Senin (20/11/2017).  Direncanakan akan menghadirkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) DR. Ir. Mochammad Basoeki Hadimoeljono.

Ketua IMTSI Wilayah Maluku Utara (Malut) M Sahlan Radjab Kepada wartawan mengaku bahwa,  pihaknya telah bertemu langsung dengan Menteri PUPR di Jakarta beberapa waktu lalu untuk memastikan kehadirannya di acara pembukaan pekan ilmiah dan kongres IMTSI di Ternate.  “Karena pekan ilmiah dan kongres IMTSI kali ini diberikan kepada Ternate untuk menjadi tuan rumah, maka kami beberapa waktu lalu sudah memastikan kehadiran Pak Menteri, dan pak Menteri juga sudah bersedia datang,”

Sahlan menjelaskan, IMTSI merupakan organisasi mahasiswa yang lahir atas dasar kesadaran mahasiswa teknik sipil di beberapa universitas di daerah maupun di ibu Kota Negera, sebagai basis intelektual yang harus mampu meningkatkan kualitas dan kapabilitas dibindang keteknikkan. “Kali ini sudah kongres ke-V, kongres ke-1 di Jakarta, kongres ke-2 di Ambon, kongres ke-3 di Manado, kongres ke-4 di Kendari,” paparnya.

Kata dia, organisasi basic teknokrat yang didirikan pada 19 november 2012 di Jakarta ini bertujuan selain memperkuat basic keilmuan dilingkungan mahasiswa teknik sipil, juga merupakan kerja nyata dalam rangka berpartisipasi mewujudkan pembangunan nasional yang kontemporer. Karena itu Menteri PUPR diundang untuk membuka acara ini.

Dalam kegiatan ini lanjut dia, telah dijadwalkan beberapa agenda diantaranya seminar nasional I dengan tajuk “Mengikis Disparitas Ekonomi Antar Wilayah dalam Percepatan dan Pemerataan Pembangunan Infrastruktur Nasional, seminar nasional II degan tajuk “Penguatan SDM yang Progresif, Kompeten dan Berdaya Saing Internasional”, seminar nasional III dengan tajuk “Infrastruktur Handal Mendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Morotai,” yang dischedulkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bapenas) Prof. Dr. Bambang P.S Brodjonegoro sebagai keynote speaker, dan pembicara Ketua Tim Pelaksana KPPI, Dr Ir, Wahyu Utomo, Deputi Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan BNPP, Edi Sugiharto, dan Direktur Jababeka Morotai.

“Jadi memang ada beberapa agenda yang kita sengaja libatkan pihak dari Kementerian, termasuk juga sudah kami jadwalkan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti sebagai keynote speaker dalam Seminar Nasional IV di Aula Universitas Nuku dengan tema Perwujudan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia,” ungkapnya.

Sahlan berharap, dengan kegiatan pekan ilmiah dan kongres nasional IMTSI ke-V ini dapat melahirkan banyak gagasan mengenai infrastruktur dalam rangka mengawal agenda pembangunan di Indonesia hingga daerah. “Selain itu kaders IMTSI baik cabang Malut dan di beberapa daerah lainya juga diharapkan dapat mengaplikasikan ilmu ketekniksipilan yang diperoleh di kampus guna membangun peradaban pembangunan di wilayah Malut,” ujarnya. (HT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

eleven + 4 =