Beranda Halmahera Barat Kemenag Halbar Gelar Pemeriksaan Kesehatan 68 Jamaah Calon Haji Halbar

Kemenag Halbar Gelar Pemeriksaan Kesehatan 68 Jamaah Calon Haji Halbar

34
0
BAGIKAN

JAILOLO – Guna mendeteksi dini kesehatan Jamaah Calon Haji (JCH), Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Halbar, menggelar pemeriksaan kesehatan terhadap para JCH asal Halbar.

Kegiatan yang menjadi agenda rutin Kemenag setiap Minggu terakhir bulan berjalan ini, dilangsungkan di kantor Kemenag Halbar, Senin (20/11/17) dan di ikuti oleh semua JCH yang berjumlah sebanyak 68 orang.

Kepala Kantor Kemenag Halbar Idris mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari tindakan lanjut MoU antara Kemenag dengan Dinkes Halbar beberapa bulan kemarin.

“Kegiatan yang kita lakukan ini untuk mengupdate perkembangan kesehatan para JCH setiap bulannya, sekaligus dilakukan pembagian kreteria dan penetapan status kesehatan JCH, sebagai mana Permen Kesehatan Nomor 15 Tahun 2016 tentang Istitaah Kesehatan Jama’ah Haji,” ungkapnya kepada wartawan.

Lanjutnya, karena  Ibadah Haji adalah sebuah ibadah yang memerlukan kesiapan kita baik kesiapan secara fisik maupun mental sehinga diperlukan pendeteksi seperti ini.

“Sebab pada pemeriksaan sebelumnya (25/9) yang diikuti sebanyak 66 orang dari 68 JCH itu sebanyak 6 orang yang masuk kategori mandiri atau bisa menjalankan ibadah haji sendiri dan sisanya mengalami gangguan kesehatan dengan spesifikasi penyakit berbeda,” kata Idris.

Agar hal tersebut dapat terdeteksi dan diantisipasi, jadi dilakukan pemeriksaan yang dijadwalkan setiap Minggu terakhir bulan berjalan  setelah pelaksanaan shalat subuh kemudian senam kebugaran dan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan oleh tim kesehatan dari Dinkes bahkan kegiatan ini berlanjut sampai waktu keberangkatan.

Dan apa yang kita lakukan ini diberikan apresiasi oleh wakil Bupati Halbar Ahmad Zakir Mando (AZM).

“Kegiatan tersebut sangat baik, sehingga perlu diberikan apresiasi. Dia juga berharap kegiatan ini bisa berjalan terus, agar kesehatan para JCH dapat terdeteksi sedini mungkin,” kata Idris mengutip penyampaiannya AZM.

Senada juga disampaikan salah satu JCH, Imrat Idrus, menurutnya, kegiatan ini sangat baik  dan membantu para JCH.

“Ini sangat baik, dan kami sangat mendukung program ini, dan kami juga berharap kegiatan tersebut bisa berjalan sampai pada tahun – tahun selanjutnya, ” ujarnya.(UK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 + 19 =