Beranda Halmahera Barat Halbar Gelar Persiapan Percepat Kawasan Ekonomi Khusus

Halbar Gelar Persiapan Percepat Kawasan Ekonomi Khusus

123
0
BAGIKAN

JAILOLO – Keseriusan Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat dalam pengembangan sektor pariwisata sebagai program unggulan, mendapat perhatian pemerintah pusat.

Salah satunya adalah gagasan pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Kabupaten Halmahera Barat.

Secara khusus tim KEK bersama Kementerian Pariwisata melakukan kunjungan ke Halmahera Barat untuk menggelar pertemuan bersama stakeholder terkait, Rabu (22/11).

Bupati Halmahera Barat Danny Missy, bersama Kepala Dinas Pariwisata Feni Kiat, melaksanakan rapat persiapan pengusulan KEK yang dilaksanakan di Villa Gaba Desa Guaemadu.

Bupati Kabupaten Halmahera Barat, Danny Missy

Bupati Danny mengatakan, dari rapat pertemuan untuk persiapan pengusulan KEK Halmahera Barat ini akan membahas beberapa langkah yang telah dilakukan dan perlu dilengkapi dalam mendukung percepatan pengusulan KEK Pariwisata di Halmahera Barat.

Bupati juga berharap agar seluruh stakeholder untuk dapat mengambil manfaat dalam kegiatan ini untuk dapat mempersiapkan pengusulan KEK di Halmahera Barat.

“Melalui pengusulan KEK ini, saya berharap agar seluruh instansi dan stakeholder terkait untuk dapat bersama-sama menjaga lingkungan yang kondusif bagi aktifitas investasi sektor pariwisata guna mendorong laju pertumbuhan ekonomi dan sebagai katalis reformasi ekonomi di Kabupaten Halmahera Barat” harap Danny.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Pemkab. Halbar Fenny Kiat menjelaskan, pembangunan pariwisata serta kawasan industri dan KEK adalah 2 sektor prioritas pembangunan 2017 oleh Presiden Jokowi.

”Menteri pariwisata pernah menyatakan bahwa untuk Indonesia, pariwisata merupakan penyumbang PDB (Pendapatan Daerah Bruto), devisa dan lapangan kerja yang paling mudah dan murah” kata Fenny.

Lanjut Fenny, Kementerian Pariwisata melalui Direktorat Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata, tengah berupaya melahirkan lebih banyak KEK Pariwisata sebagai pendukung program 10 destinasi

Prioritas yang menunjang demi tercapainya target 20 juta wisatawan mancanegara di tahun 2019.

“Saat ini, tercatat tidak kurang dari 20 pengusul KEK Pariwisata dari seluruh Indonesia, termasuk Halmahera Barat dengan progres dan capaian yang beragam dan akan terus diddorong pengusulannya oleh Direktorat Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata dan Tim Percepatan Pembentukan KEK Pariwisata” tandasnya. (UK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

14 − 4 =