Beranda Hukrim KM Queen Mary Merugi, KUPP Bastiong dan KSOP di Demo ABK Kapal

KM Queen Mary Merugi, KUPP Bastiong dan KSOP di Demo ABK Kapal

119
0
BAGIKAN

Kepala KSOP: KUPP Laiwui tidak memberitahu kami soal perubahan jadwal rute kapal.

TERNATE – Belasan Anak Buah Kapal (ABK) dan pemilik Kapal Motor (KM) Queen Mary, menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor KUPP Bastiong dan Kantor KSOP serta memboikot loket tiket Kapal Motor Karya Indah Minggu 03/12/17.

Aksi demo belasan anak buah kapal motor tujuan Ternate, Bacan dan Oby di Pelabuhan dan Kantor KSOP itu, untuk mendesak KSOP memberhentikan sementara jalur KM Karya Indah, yang telah menerobos jalur atau jadwal KM Queen Mary tanpa sepengetahuan dari pihak atau pemilik Queen Mary.

Pemilik Kapal Queen Mary, Mujain Besy kepada sejumlah wartawan mengatakan, Kapal Karya Indah dengan sengaja mengambil rute Queen Mary dengan jadwal hari Kamis, Queen Mary PP dari Oby-Bacan, Bacan-Ternate, sementara hari Jumat, PP Ternate-Bacan, Bacan-Oby ungkap Mujain.

“KM Karya indah ini sudah mengambil jadwal berlayar kami, yang jadwal itu dikeluarkan oleh PLT KUPP Laiwui, ini ada apa?, tanya Mujain, sebenarnya jadwal kami yaitu dari Obi, Bacan dan Ternate tapi KUPP memberikan jadwal kami ke KM Karya Indah, sehingga kami mengalami kerugian 30 juta, karena berlayar dari Oby-Ternate tanpa penumpang”.

Lanjut Mujain, “Aksi kami ini juga meminta kepada pihak KSOP kembalikan jadwal KM Queen Mary seperti semula, dan KM Karya Indah diberhentikan sementara”, ucap Mujain.

Mujain juga meminta KSOP memanggil dan memeriksa PLT Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Laiwui (KUPP), B Wisnu Sentyaki, yang dengan sepihak mengeluarkan jadwal KM Karya Indah.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Ternate, Taher Laetupa kepada wartawan usai bertemu dengan kedua pemilik kapal menyampaikan, dirinya belum mengetahui jadwal operasi yang dikeluarkan oleh PLT Kepala Kantor Unit Penyelenggara pelabuhan kelas III Laiwui untuk KM Karya Indah.

“Jadi saya belum tahu ada perubahan jadwal, KUPP Laiwui juga belum memberitahukan kepada kita KSOP di Ternate, saya telpon tanyakan Kepala KUPP Laiwui yang baru juga tidak mengetahui tentang perubahan jadwal kamal ini”, ungkap KSOP.

Lanjut KSOP, “Sesuai dengan hasil rapat kami dengan pemilik kedua kapal, untuk kedepan tidak ada perubahan jadwal lagi, jadi jadwal yang sudah di tentukan sebelumnya itu tidak akan di rubah”.

“Jadi untuk malam nanti, Kapal Queen Mary dan Karya Indah tetap berlayar ke Bacan dan Oby, tapi dengan catatan KM Karya Indah tidak memuat penumpang”, tutup KSOP. (HI)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × 2 =