Beranda Halmahera Selatan Cegah Malaria, Pemprov Papua Jadikan Halsel Pilot Project

Cegah Malaria, Pemprov Papua Jadikan Halsel Pilot Project

594
0

LABUHA – Masuk sebagai daerah yang mendapat penangan Malaria terbaik dunia, Kabupaten Halmahera menjadi salah satu pilot projek bagi daerah yang ada di Indonesia.

Hal ini dibuktikan dengan kehadiran Pemerintah Provinsi Papua dan Kabupaten Mimika melakukan kunjungan ke Kabupaten Halmahera Selatan untuk melakukan Studi Visit tentang penanggulangan menuju eliminasi Malaria.

Acara tersebut berlangsung di Ruang Rapat Kantor Bupati Halsel, Selasa pagi (05/12).
Dihadapan Bupati Halsel, Perwakilan Tim Studi Visit Papua dr. Derri Mufari meyampaiakan bahwa, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk belajar lebih jauh tentang pengendalian Malaria guna diterapkan nanti di Papua.

Papua sebagai daerah tertinggi angka Malaria di Indonesia, dr.Derri mengatakan di tahun 2018 Dinas Kesehatan, Bapenas, dan lembaga lainnya telah menetapkan anggaran untuk pembangunan Malaria Center oleh karena itu Pemerintah Papua harus mengambil, langkah cepat untuk mempersiapkannya sebelum tahun 2018.

“Kami sangat menyambut baik serta terkesan dengan rapat atau diskusi tentang penanggulangan Malaria ini. Kami berharap kunjungan ini dapat memberikan pelajaran kepada jajaran badan dinas terkait, guna mendapatkam informasi dan cara mengatasi penanggulangan penyakit Malaria,” tutur Derri.

Sementara itu, Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba berharap dengan adanya studi visit ini, kedua daerah dapat saling memberikan informasi pembangunan bukan hanya dibidang kesehatan tetapi juga dibidang lainnya untuk pengembangan pembangunan ekonomi di daerah masing_masing dan kerja sama ini dapat berlanjut ditahun-tahun berikutnya.

Lanjut Bahrain, “Pemda harus perlu adanya program-program gratis demi meringgankan masyarakat secara berkala. Mulai dari bidang kesehatan, bidang pendidikan serta tingkatan kesadaran masyarakat terkait penanggulangan malaria,” ungkap Bahrain saat menjawab salah satu pertanyaan dari perwakilan Pemprov Papua.

Kehadiran Pemprov Papua dan Pemkab Mimika untuk melakukan study visit lantaran Halmahera Selatan terpilih sebagai kabupaten yang berhasil mengurangi angka pasien demam Malaria secara signifikan.
Bupati Halsel Bahrain Kasuba pada acara tersebut menyambut para tamu dari Papua dengan ucapan selamat datang di Halmahera Selatan guna melakukan studi banding penanggulangan Malaria.(Raja)