Beranda Advetorial Pemkab Halbar Gelar Launching Program “Siang Terang Malam Terang”

Pemkab Halbar Gelar Launching Program “Siang Terang Malam Terang”

75
0
BAGIKAN
Spot Welcome to Halbar, yang akan dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata Halbar

JAILOLO – Pemkab Halbar, menggelar launching secara simbolis lampu tenaga surya, program “Siang Terang Malam Terang” sekaligus peresmian Landmark “Welcome To Halbar” di Desa Guaeria Kecamatan Jailolo Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Sabtu (30/12/2017) pukul 20:30 wit.

Hadir dalam kegiatan tersebut yakni, Bupati dan Wabup Halbar, Danny Missy dan Ahmad Zakir Mando, Sekda Halbar, Syahril Abdurajak, Kapolres Halbar Bambang Wiriawan, Kasdim 1501/Ternate, para staf ahli dan asisten Kabupaten Halbar, dan seluruh SKPD Kabupaten Halmahera Barat.

Bupati Danny Missy, dalam kegiatan tersebut menyampaikan, dalam lounching lampu tenaga surya dengan nama program, siang terang malam terang ini telah di mulai dengan uji coba sekaligus pereamian, “Welcome To Halbar”.

“Ini menjadi salah satu contoh nanti, karena kampung Gueria itu, kita akan membuat satu kampung yang spesial dan kampung yang semuanya akan di pasang tenaga surya mulai dari AC, televisi, freezer, kulkas, maupun strika”, kata Danny.

Lanjut Danny, menjadi contoh untuk desa-desa yang lain, desa yg terpencil yang belum bisa di pasangan dari PLN. “Ini mandiri tidak terhubung dengan PLN, semuanya melalui tenaga surya, mudah-mudahan dengan launchingnya ini, menambah satu kekayaan lagi bagi kita, bahwa Desa Guaeria itu akan dikurdinis atau dijadikan desa pariwisata disamping punya potensi perikanan desa ini juga punya potensi desa yang ernik yaitu, desa yang bersuku Papua di Halmahera Barat”, ungkapnya.

“Jadi saya sudah beri tahu kepada kades dan perangkatnya, nanti di sekitar welcome to Halbar itu mereka membuat rumah rumah singgah atau tempat singgah, beretnik Papua jadi nanti pakai rumah adat Papua seperti honae-honae, jadi ketika ada yang datang ke situ bisa duduk dan ngopi dalam honae tersebut, itu sudah disepakati dengan kades Guaeria, jadi di harapkan ini bisa berjalan dengan baik”, jelas Danny.

Masih kata Danny, “Dari welcome to Halbar ini, dengan kerja sama yang baik, dari datu dan grup, Pak Maikel, beserta penyatoran tua kami, pak rahmat dengan ibu, kami minta sportif terus bantuannya, agar Halbar selangkah demi selangkah bisa menikmati yang namanya kemajuan, kami akan membenahi seluruhnya, strukrur yang ada, sehingga pariwisata, perikanan, pertanian, bisa maju lagi kedepan”, harap orang nomor satu di Halbar itu.

Tambah Danny, dengan kerja sama ini juga, akan berkembang ke arah yang lebih besar lagi tentang penggunaan tenaga surya ini. “Jadi desa Guaeria itu tidak dimasukkan jalan lagi,  kita khususkan buat lewat laut, ini untuk memperlancar transportasi laut Halbar”, tutup Danny. (Uk/PN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

five − three =