Beranda Maluku Utara Kekurangan Pasokan, Harga Barito Meroket

Kekurangan Pasokan, Harga Barito Meroket

72
0
BAGIKAN
Penjual barito di pasar Bahari Berkesan Ternate

TERNATE – Akibat menurunnya pemasokan kebutuhan bahan Pangan, di Kota Ternate, seperti bawang, rica dan tomat (Barito)  alami lonjakan harga,  sehingga berpengaruh pada sektor harga kebutuhan tersebut.

Salah seorang pedagang pasar  barito kelurahan Gamalama, Ternate Tengah, ci Erni  ketika ditemui, Jumat (12/1/1) mengaku bahwa pasokan bahan pangan  dari luar Malut semakin berkurang seperti cabe keriting dari Rp20 ribu menjadi Rp30 ribu untuk tomat dari Rp12 ribu menjadi Rp13 ribu per kg,  bawang merah dari Rp38 ribu menjadi Rp40 ribu, bawang putih Rp30 ribu menjadi Rp 35 ribu per kg.

“Kenaikan yang terjadi pada kebutuhan Barito tersebut karena pemasokan yang berkurang sehingga harga mengalami kenaikan”, jelasnya.

Menurutnya,  ketidakstabilan harga barito ini, sering terjadi naik atau turunnya harga barang, tergantung dari persediaan dipasaran jika persediannya banyak memenuhi permintaan konsumen maka harga bakal baik-baik saja. Namun jika permintaan meningkat dan persediaan berkurang maka terjadilah lonjakan,  sehingga harga kebutuhan itu tidak bisa diperediksi dalam satu hari bisa naik juga bisa turun,  “Harga tergantung dari persediaan karena kenaikan juga tergantung dari tingkat konsumsi masyarakat”, jelasnya.

Untuk itu,  kita berharap harga tidak terlalu mahal dan juga tidak terlalu murah agar kita sama-sama saling menguntungkan. (HT)

Tinggalkan Balasan