Beranda Halmahera Selatan IKT Bangun Rumah Barifola di Halsel

IKT Bangun Rumah Barifola di Halsel

182
0
BAGIKAN
Rumah yang dibangun melalui program Barifola

HALSEL – Gerakan kemanusiaan yang digagas oleh Ikatan Keluarga Tidore (IKT) Provinsi Maluku Utara (Malut), terus berjalan dengan membedah rumah milik masyarakat kurang mampu di Maluku Utara.

Bedah rumah dengan program Barifola, hingga saat ini, sudah tercatat kurang lebih 200 rumah warga kurang mampu yang sudah dibedah dan tersebar hingga kepelosok Maluku Utara.

Sebelum Kabupaten Halsel, baru-baru ini, tiga unit rumah warga yang ada di Kabupaten Halmahera Utara (Halut) juga dibedah Barifola.

Kali ini IKT kembali membangun tiga unit rumah di Halmahera Selatan, bahkan program IKT Malut yang dimotori oleh Burhan Abdurahman itu, tidak pernah membebani APBD maupun APBN saat membangun rumah warga kurang mampu tapi melalui gerakan seribu rupiah (calamoi) dari anggota IKT secara ikhlas dengan tujuan membantu warga kurang mampu.

IKT dengan Program Barifola telah menyentuh masyarakat hingga ke pelosok Malut. Foto : Dokumentasi IKT

Rumah yang dibangun IKT Malut di Halsel akan diserahkan kuncinya, langsung oleh ketua IKT Malut Burhan Abdurahman. Tiga rumah di Kabupaten Halsel itu, merupakan rumah yang ke-199, 200 dan 201 melalui program kemanusiaan Barifola, terletak di Desa Gandasuli di kecamatan Bacan Selatan, Desa Tomori kecamatan Bacan, serta Desa Wayaua kecamatan Bacan Timur Tengah.

Sekretaris IKT Malut Rizal Marsaoly usai meninjau rumah Barifola Sabtu (13/1) tadi mengatakan, program kemanusiaan IKT yang disebut Barifola merupakan sebuah gerakan kemanusiaan yang murni dilakukan untuk membantu keluarga kurang mampu.

Program ini, kata dia, telah digulirkan sejak tahun 2008 dan bukan hanya menyasar keluarga Tidore, namun hampir semua suku yang berdomisili di wilayah Malut juga mendapatkan program Barifola.

“Program ini bukan hanya untuk orang Tidore, tetapi berbagai suku dan di berbagai wilayah di Maluku Utara,” ujar Rizal sembari menyebut, program ini sudah tersebar pada hampir 10 kabupaten kota di Malut.

Untuk rumah Barifola ke-199, 200 dan 201, kata Rizal, rencananya akan dilaksanakan penyerahan kunci pada hari Senin (15/1/2017) dan Selasa, (16/1/2017), “Untuk penyerahan kunci rumah di Tomori dan Gandasuli, akan dilaksanakan pada hari Senin sedangkan untuk rumah Barifola ke-201 di Wayaua, rencananya akan dilaksanakan pada Selasa malam,” tandasnya. (**)