Beranda Advetorial Dirjen Perhubungan Laut Resmikan Pelabuhan Mutui

Dirjen Perhubungan Laut Resmikan Pelabuhan Mutui

147
0
BAGIKAN
Peresmian Pelabuhan Matui

JAILOLO – Setelah pergeseran jadwal peresmian di akhir Januari lalu, akhirnya Pelabuhan Matui Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Sabtu (3/2/2018), diresmikan.

Dirjen Perhubungan Laut, Agus H Purnomo, atas nama Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi, meresmikan pelabuhan tersebut.

Dalam sambutannya, mantan Direktur PT INKA (Persero) ini mengatakan, berkembangnya sebuah pelabuhan tergantung perputaran ekonomi di wilayah pelabuhan tersebut. Disamping itu, kata alumnus Institut Teknologi Surabaya ini, dukungan pemerintah dan masyarakat juga menentukan berkembangnya pelabuhan.

“Kalau pertumbuhan ekonomi disini bagus, kelancaran (masyarakat) perusahaan, kalau di lihat dari potensi yg ada insya Allah kedepan pelabuhan ini bisa berkembang,” terang  Dirjen Agus.

Kementerian Pehubungan di bawah Pemerintahan Jokowi-JK, kata Agus, diberikan tugas membangun konektifitas antar wilayah, untuk membuang stigma laut pemisah daratan, namun pemersatu wilayah  NKRI.

“Pembangunan saat ini tidak hanya terpusat di Jawa, tapi merata di seluruh Indonesia,” imbuhnya.

Sementara Bupati Halbar Danny Missy mengatakan, pemerintah daerah telah merencanakan pemanfaatan Pelabuhan Matui sebagai pelabuhan bongkar muat barang serta pengembangan pelabuhan kontainer.

Sehingga Pelabuhan Jailolo dikurangi bebannya hanya menjadi pelabuhan rakyat dengan demikian, kata Bupati, arus masuk – keluar barang dan penumpang tidak terganggu.

Terkait dengan pengembangan Pelabuhan Matui, sambungnya, Pemerintah Desa dan warga Matui telah bersepakat menghibahkan lahan seluas enam hektar di belakang area pelabuhan kepada pihak Dirjen Pehubungan Laut, untuk kepentingan perluasan area pelabuhan.

“Atas nama Pemerintah Daerah kami ingin Pelabuhan Matui dikembangkan dari kiri dan kanan seratus meter, tambahan lebar (lantai) pelabuhan enam meter, karena pelabuhan ini strategis untuk Provinsi Malut, karena jika musim gelombang, disini paling aman,”urai Danny.

Sebelum kembali ke Ternate menggunakan Kapal Patroli KPLP, Dirjen menyempatkan diri mengunjungi Pelabuhan Jailolo.

Sejumlah pejabat teras Pemda Halbar terlihat hadir dalam acara tersebut, seperti Wakil Bupati, unsur Forkompimda Halbar, para Rektor Direktur PT Pelindo, Kepala UPP se Malut dan para Camat, Kepala Desa dan Warga Desa Matui.(UK/PN)