Beranda Maluku Utara Pohon Untuk Kehidupan

Pohon Untuk Kehidupan

134
0
BAGIKAN
Sunrise di ufuk Timur Pulau Halmahera. foto:Hariyanto Teng

Karya: Akbar D,Booy

Hari pagi tak seperti embun di hari kemarin, semua berjalan begitu saja entah siapa mayornya, seperti kanan dan kiri terjepit lalu menjerit seperti anjing menggongong, yang tak mampuh lagi melihat insan pagi yang bersenja, menyapa dengan dua tangan lalu rakus untuk mengambil semuanya dan tak ada lagi harapan untuk menjadi kenyataan dimana kita sebagai laki-laki kelak akan sendiri.

Bukan salahku, aku datang dari langit gelap bawakan roh kehidupan bagimu bukan salahku,aku harus lewat jika manusia tanpa pedulikan mempersilahkan singga,demi kehidupan maka keperkasaanku kutunjukan. andai kau hadang, kau rintang dengan berjuta pohon dan hutan pasti aku kerasan bermukum di daratan . sebenarnya, kehadiranku ingin lama tinggal dicelah bumi memberi kehidupan pepohonan memperpanjang nyawa hewan serta bermain bersamamu manusia tapi, tempatku telah kaujarah kau dirikan pemukiman.

Kau layak di panggil penjilat yang rakus dan merampas dengan diam-diam, kau merobek -robek hutanku,pohon,daun lalu kau ambil isinya dan pergi begitu saja, aku malu ketika saudaraku yang belum membuka matanya lalu kau gundulkan semua tanpa pamri

Kau sengaja dengan mainan burukmu kau hiraukan dan kau sampinkan moyangku sehingga anak cucuku melihat semuanya seperti lapangan bola yang rumputnya melata dan tunduk ketika kau menggiring bolanya, semoga kau sadar dengan perbuatan pikiran yang se_olah-olah membodohi akal, moral dan tindakan yang belum bijak yang kau lakukan selama ini, wana Ini tak seperti yang dulu lagi yang ada asrinya juga hijaunya, satwa liarnya yang bermain bebas di alam tanpa jemari kau.