Beranda Maluku Utara Polisi Peduli Literasi, Program Anyar Besutan Kapolres Tidore

Polisi Peduli Literasi, Program Anyar Besutan Kapolres Tidore

363
0
BAGIKAN

TIDORE – Kepolisian Resor (Polres) Tidore Kepulauan akhirnya meresmikan jalannya program terbaru yang digagas Kapolres Tidore AKBP Azhari Juanda, S.Ik yakni Polisi Peduli Literasi (Pelita).

Peresmian tersebut dikemas lewat kegiatan penyerahan bantuan buku secara simbolis dari PT.Gramedia Ternate kepada Polres Tidore Kepulauan dan Lounching Program pustaka bergerak Polres Tidore dengan nama Polisi Peduli Literasi.

Kegiatan penyerahan bantuan buku secara simbolis dari PT.Gramedia Ternate dan lounching program pustaka bergerak Polres Tidore dengan nama Polisi Peduli Literasi (Pelita) dipimpin langsung Kapolres Tidore AKBP Azhari Juanda, S.IK seusai pelaksanaan upacara penutupan Binlat bertempat di lapangan upacara Mapolres Tidore, Rabu (21/02/2018).

 

Hadir pada kegiatan tersebut pimpinan PT Gramedia Kota Ternate diwakili supervisor penjualan Halima Hasan, Kadispora Tikep Ali Dukomalamo, para Kasat, Bhabinkamtibmas, dan para siswa siswi SMA.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres mengucapkan terima kasih kepada pihak PT Gramedia Ternate yang mau bekerjasama dengan Polres Tidore untuk melakukan gerakan gemar membaca lewat program Polres Tidore yakni polisi peduli literasi (pelita) di kota Tidore Kepulauan.

Kapolres juga mengapresiasikan langkah Gramedia Ternate sebab diawal kerja sama ini, PT Gramedia Ternate telah menyumbangkan buku sebanyak 10 koli dan diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pelita Polres Tikep untuk menumbuhkan gemar membaca dikalangan anak-anak maupun remaja di kota Tidore Kepulauan.

“Alhamdulillah langkah awal ini PT Gramedia telah menyumbangkan sebanyak 10 koli buku, dan semoga kedepannya masih akan disumbangkan juga oleh pihak gramedia,” tutur Kapolres.

Buku yang disumbangkan pihak gramedia terdiri dari buku bacaan tingkat SD, SMP, SMA hingga buku bacaan umum.

Program pelita Polres Tidore sebagai perpustakaan keliling di kota Tidore Kepuluan, nantinya menyasar ke tempat-tempat yang sulit diakses, misalnya di Talaga puncak, pulau Mare serta kelurahan maupun desa lainnya di kota Tidore Kepulauan.

Lanjut Kapolres, untuk menjalankan program itu Polres Tidore bakal melakukan kerja sama dengan pihak terkait baik itu pemuda, sekolah, maupun pihak kelurahan dan kecamatan.

Sementara untuk hal teknis agar buku dapat tersalurkan kepada para pembaca maka akan memakai sarana dan prasarana yang dimiliki Polres Tidore berupa kendaraan roda dua dan empat serta speed untuk menjangkau daerah-daerah dengan akses yang sulit.

Dengan begitu, kata Kapolres sudah membantu anak-anak Tidore dalam memiliki buku serta dapat meningkatkan gemar membaca. Selain itu hal tersebut dilakukan mengingat keberadaan toko buku bacaan di kota Tidore yang tidak ada.

Apalagi toko buku bacaan di tidore juga tidak ada, dan kalau beli harus ke Ternate. Aksesnya jauh baru mahal juga. Dengan gerakan ini kami mencoba mendekatkan buku ke masyarakat sehingga anak-anak gemar membaca,” jelas Kapolres.

Sementara itu mewakili pimpinan PT Gramedia Kota Ternate Halima Hasan pada kesempatan itu mengatakan bahwa sebagai gramedia pihaknya punya komitmen mencerdaskan kehidupan bangsa.

Sebagaimana salam gramedia adalah salam inspirasi. “Semoga gramedia bisa mengispirasi setiap orang untuk bisa memberikan apa yang akan didapatkan oleh masyarakat,” ujarnya.

Dirinya juga mengatakan, program literasi sendiri telah dijalankan oleh pihaknya, namun baru pertama kali gramedia Ternate melakukan kerja sama dengan polres Tidore.

“Ini merupakan yang pertama di kota Tidore Kepulauan, kami berharap ini dilakukan terus menerus. Dan kedepan Insya Allah kami akan menyumbangkan 15 koli buku bacaan untuk Polres Tidore dalam melaksanakan program pelita ini,” tuturnya. (SS)