Beranda Halmahera Selatan Sultan Bacan Berharap, Gema Suba Jangan Dipolitisir

Sultan Bacan Berharap, Gema Suba Jangan Dipolitisir

173
0
BAGIKAN
Sultan Bacan saat memberikan sambutan

LABUHA – Kepengurusan Generasi Muda Kesultanan Bacan (Gema Suba) dilantik, Sabtu Malam (3/3). Pelantikan Gema Suba yang dipusatkan dilapangan Merdeka Labuha Bacan Halmahera Selatan (Halsel) itu dilakukan oleh Sultan Bacan Al-Haj Abdurahim Dede Muhammad Gary Ridwan Sjah.

Dalam pelantikan Gema Suba, Sultan Bacan menekankan, Gema Suba dalam gerakan perjalannya selalu bertanggungjawab ke Sultan secara langsung, maka diingatkan, Gema Suba bersifat non politik dan kehadirannya tidak untuk dipolitisir oleh siapapun baik itu kelompok maupun wadah institusi manapun.

“Independensi Gema Suba inilah yang kita utamakan sehingga tidak merugikan seluruh masyarakat,”harapnya.

Ditambahkan, Gema Suba ini lebih bersifat sebagai wadah pemersatu dan lebih mempererat persatuan dan kesatuan serta menjadi perekat beragaman dan keberagaman.
Karena itu, lanjut Sultan, Gema Suba sebagai organisasi adat strategis dan menjadi pengayom atau pemersatu terhadap organisasi organisasi kepemudaan yang sudah ada dalam mengamalkan kebaikan dan menegakan kebenaran.

Ada tiga hal penting yang menjadi catatan khusus Sultan ke pengurus Gema Suba, yakni
Gema Suba diamanatkan sebagai pengawal, pelaksana dan pelaku kebaikan dalam arti seluas-luasnya demi kemaslahatan bersama di Lipu Bacan.

Gema Suba juga diharapkan menjadi pemersatu, perekat beragaman dan keberagaman, bersifat menyatukan dan mempererat kesatuan dalam kebaikan dari organisasi organisasi yang sudah ada.

Selain itu, Gema Suba diharapkan memiliki program andalan yang bersifat reguler yang selalu bertumpu pada kegiatan olahraga, kesenian dan kerohanian.

“Hal ini dengan tujuan untuk membangun jiwa dan karakter pemuda Bacan yang amanah, penyayang dan kuat lahir Bathin,” harapnya.(Raja)

Tinggalkan Balasan