Beranda Maluku Utara Menteri Akan Hadir pada Pameran Potensi Desa di Tidore

Menteri Akan Hadir pada Pameran Potensi Desa di Tidore

316
0
BAGIKAN
Walikota Tidore saat bertemu Menteri di Jakarta

TIDORE – Kabar gembira datang dari Kota Tidore Kepulauan. Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi (PDTT), Eko Sandjojo dipastikan hadir pada kegiatan Pameran Potensi Desa, Jambore Desa dan Liga Desa tingkat regional wilayah Indonesia Timur yang rencananya akan digelar pada tanggal 12 April mendatang di Kota Tidore Kepulauan.

Kepastian ini diperoleh setelah Pertemuan Menteri Desa dan PDTT, Eko Sandjojo bersama Walikota Tidore Kepulauan, H. Ali Ibrahim di Kantor Kemendes dan PDTT yang membahas rencana ketiga kegiatan tersebut Selasa (6/3) siang kemarin.

Dalam pertemuan tersebut, Menteri Desa menyatakan dukungan dan menyambut positif rencana kegiatan Pameran Potensi Desa Wilayah Indonesia Timur, Eko Sandjojo menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkot Tidore seluruh perangkat daerah atas segala dukungannya sehingga dapat melaksanakan program Pemerintah Pusat melalui Kementerian Desa khususnya dalam pameran Produk Unggulan.

Terkait dengan ditetapkannya Kota Tidore Kepulauan sebagai tuan rumah Pameran Potensi Desa, Jambore Desa dan Liga Desa tingkat regional wilayah Indonesia Timur, Eko Sandjojo mengatakan sangat setuju, bahkan dirinya berjanji akan berusaha menghadirkan Presiden RI Joko Widodo untuk membuka langsung ketiga kegiatan tersebut.

Menteri Desa dan PDTT juga menyatakan sangat mengapresiasi upaya Pemkot Tikep yang telah melaksanakan pengembangan produk unggulan desa-desa di Kota Tidore Kepulauan sehingga bisa berhasil.

Menindaklanjuti persiapan ketiga kegiatan tersebut, Eko Sandjojo mengarahkan kepada Dirjen, Irjen dan Tenaga Ahli di Kementeriannya untuk segera menyampaikan teknis pelaksanaan kegiatannya, dan nanti Walikota kembali ke Tidore untuk membuat persiapan dan berkoordinasi dengan sejumlah pihak, baik pemerintah Provinsi Maluku Utara, Kesultanan Tidore dan pihak terkait lainnya sampai pada hari pelaksanaan.

Sementara itu, Walikota, H. Ali Ibrahim dalam pertemuan tersebut, menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Tidore Kepulauan sangat konsen mengembangkan produk unggulan Desa yang ada di daerah.

Apalagi pengembangan produk unggulan ini sangat sejalan dengan visi Pemerintah Daerah dalam mengoptimalkan potensi Agro-Marine.

Untuk mendorong pengembangan produk unggulan, Walikota juga menyampaikan bahwa Ia bersama sejumlah perangkat daerah selalu turun langsung ke desa-desa untuk memotivasi agar setiap desa memiliki paling tidak satu produk unggulan yang diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa setempat.

Pertemuan Menteri Desa dan PDTT bersama Walikota Tidore Kepulauan ini dihadiri Irjen, Ansar Husen, Dirjen PMD, Taufik Majid, bersama sejumlah Tenaga Ahli Kementerian. Turut mendampingi Walikota Tidore Kepulauan, Kadis PMD, Hamid Abdullah, Kadispora, Ali Dukomalamo dan Direktur Rumah Pemberdayaan Indonesia, Muhammad Bayu. (SS)