Beranda Nasional Sri Mulyani: Tingkat Kemiskinan Kota Ternate Terendah Dunia

Sri Mulyani: Tingkat Kemiskinan Kota Ternate Terendah Dunia

2996
0
BAGIKAN
Landmark, Salah satu sudut Kota Ternate

TERNATE – Setelah mendapat gelar kota paling bahagia,  kini Kota Ternate punya gelar baru. Kunjungan kerja Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani, di Maluku Utara, salah satu agendanya adalah memberikan kuliah umum di Universitas Khairun Ternate, beberapa paparan yang di sampaikan terkait pertumbuhan ekonomi Malut sangat menarik untuk di ikuti.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi  yang baik  di Kota Ternate mencapai 8 persen dan juga  inflasinya paling rendah, sedangkan kabupaten   pertumbuhan yang paling rendah yakni Halmahera Utara, disisi lain Halmahera Selatan pertumbuhan ekonomi diatas 11 persen, dan nasional hanya 5,0 persen sedangkan inflasi Kota Ternate paling terendah dari kabupaten kota lainnya. Dari sisi kondisi kesejahteraan masyarakat  Kota Ternate paling rendah tingkat kemiskinannya, Kota Ternate paling rendah 2,5 persen  sekian, “ini bahkan sudah termasuk  terendah di dunia”, katanya.

Namun, Halmahera Timur memiliki tingkat kemiskinan diatas nasional 15,2 persen itu level yang memang  rasio ini nasional  lebih merata kesenjangan indikator Maluku Utara  adalah baik namun yang paling kecil kesanjangannya adalah Kota Tidore Kepulauan dan yang paling besar kesanjangan adalah Halmahera Timur (Haltim).

Disisi lain  perkapita yang paling tinggi 36  juta ada di Ternate namun yang paling rendah ada di Halmahera Barat,  meski begitu tingkat pengangguran Kota Ternate masih tinggi artinya dengan pertumbuhan diatas 8 persen Ternate harus mampu mengurangi pengangguran, “Saya lihat data ini saya  berpikir ini banyak orang ke Ternate makanya jumlah penduduk meningkat pengagangguran bertambah”,katanya. (HT)