Beranda Halmahera Selatan Hi Bur Janji Jadikan Malut Sebagai Ketahanan Pangan Dunia

Hi Bur Janji Jadikan Malut Sebagai Ketahanan Pangan Dunia

165
0
BAGIKAN
Haji Bur saat diwawancarai sejumlah media

LABUHA – Calon Gubernur Malut Dr. Burhan Abdurahman, menyampaikan, pihaknya akan menjamin petani dan nelayan jika diberikan amanah memimpin Maluku Utara nanti.

Hal ini disampaikan, Haji Bur sapaannya, saat berkampanye di Halsel. Ia mengaku, lemahnya sektor pertanian dan kelautan berdampak pada pembangunan Maluku Utara saat ini, olehnya itu, kata dia jika kedepan amanah ini diberikan kepadanya maka akan menjadikan Maluku Utara sebagai daerah yang menjamin ketahanan pangan dunia.

“Malut memiliki luas wilayah laut 70 persen dan daratan 30 persen, maka ini akan menjadi kekuatan pangan dan kelautan dunia dibandingkan dengan daerah-daerah lainya,” ujarnya.

Olehnya itu, untuk menjamin semua ini, jalan produksi dan kelautan harus menjadi prioritas untuk pembagunan Malut kedepan.

“Saat dijual biaya transportasi dan hasilnya tidak sesuai, ini yang buat petani dan nelayan kita malas berkebun dan melaut,” terangnya.

Dengan demikian, kata dia, kedepan pihaknya akan membuat pertanian dan nelayan Malut yang akan memproduksi bahan pangan dan nelayan sendiri sehingga tidak lagi mengambil hasil dari daerah lain seperti Manado, Surabaya dan lain sebagainya.

“Kita hasilkan sendiri dan kita  makan sendiri dari hasil kita, bila perlu petani dan nelayan kita yang memberikan pangan dan hasil laut ke daerah lain,” katanya.(Raja)

Tinggalkan Balasan