Beranda Maluku Utara Dari Dana Desa ke Swadaya untuk Pariwisata Langkuba

Dari Dana Desa ke Swadaya untuk Pariwisata Langkuba

258
0
BAGIKAN
Destinasi baru di Kabupaten Taliabu, berkat kreatifitas Pemdes setempat

TALIABU – Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara banyak menyimpan tempat-tempat wisata yang tidak kalah indah dengan tempat lain di Maluku Utara.

Salah satunya adalah wisata yang ada di Pulau Sehu Dusun Langkuba, Desa Wayo , Taliabu Barat, Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara. Kawasan ini pada Tahun 2016 lalu, hanyalah kawasan pantai biasa yang ditumbuhi oleh pohon mangrove, pasir putih dan airnya yang jernih.

Tetapi pada tahun 2017 pemerintahan Desa Wayo, dengan menggunakan dana desa (DD) akhirnya menaruh perhatian khusus untuk mengembangkan pariwisata, dan dengan DD pantai Dusun Langkuba di sulap menjadi destinasi wisata baru di Taliabu.

Sofyan Hasan, kepala desa (kades) Wayo memiliki impian yang tinggi untuk menjadikan wisata Pulau Sehu sebagai salah satu rekomendasi wisata bagi wisatawan regional, nasional maupun internasional.

“Saya memiliki impian, untuk mengembangkan wisata Pulau Sehu untuk wisatawan regional, nasional maupun internasional. Biar pulau Sehu itu bisa menjadi salah satu rekomendasi Wisata pulau Taliabu”, harapnya.

Meski dengan anggaran DD yang belum sepenuhnya membantu, dirinya bertekat akan terus mengembangkan wisata Langkuba dengan swadaya masyarakat.

“Jujur DD itu belum sepenuhnya membantu, karena masih ada pos anggaran yang harus di isi lewat DD itu untuk pembangunan Desa Wayo yang lainnya, makanya di Tahun 2018 ini akan saya usahakan kembangkan meskipun dengan Swadaya masyarakat”, yakin dia.

Kepada GamalamaNews.com mengatakan, bahwasanya di Pulau Sehu bukan hanya Dusun Langkuba saja yang bisa dijadikan tempat wisata , tetapi masih banyak lagi.

“Kalau di Pulau Sehu itu bukan hanya Dusun Langkuba saja yang bisa dijadikan sebagai tempat wisata, tetapi ada juga Tanjung Karang, Pulau 1 dan Juga Pulau 4.

Tampak ramai d kunjungi warga

Di tanjung Karang sendiri memiliki daya tarik keindahan batu karang putih, yang bisa terlihat dari bibir pantai karena kejernihan air lautnya. Kalau di Pulau Satu, wisatawan nantinya bisa menikmati keindahan bawah lautnya, bagi pencinta diving (menyelam) Pulau Satu adalah tempat yang pas, sedangkan di Pulau Empat juga memiliki keindahan alam bawa laut dan pantai yang indah.

Ia menambahkan, nantinya di Dusun Langkuba juga akan di jadikan tempat wisata Budaya, seperti membangun panggung tarian tradisional seperti Yuda dan Cakalele, selain itu Langkuba juga akan dijadikan terminal bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata tanjung karang, Pulau Satu dan Pulau Empat.

Untuk sampai ke pulau Sehu, kita bisa menggunakan transportasi laut, seperti perahu Ketinting yang berjarak 30 menit perjalanan, karena Pulau Sehu tidak jauh dari Ibu Kota Taliabu, Desa Bobong. (HH)

Tinggalkan Balasan