Beranda Maluku Utara Peringati Hari Kartini Gamhas-Mu gelar Aksi damai

Peringati Hari Kartini Gamhas-Mu gelar Aksi damai

129
0
BAGIKAN
Aksi peringatan hari lahirnya RA. Kartini

TERNATE – Ratusan tahun telah berlalu sejak Raden Ajeng Kartini memperjuangkan untuk menegakkan hak-hak kaum perempuan Indonesia. Masa itu, perempuan Indonesia dianggap sebagai masyarakat kelas dua yang tidak memiliki hak yang sama dengan kaum laki-laki.

Perjuangan Kartini tidak sia-sia hingga menghasilkan  kesetaraan gender. Hari ini, di mana adalah hari  lahirnya Raden Ajeng (RA) Kartini yakni 21 April, yang diperingati sebagai Hari Kartini. Setiap tahun, berbagai kelompok masyarakat mengisi Hari Kartini dengan aksi-aksi pengingat tentang perjuangan Kartini.

Puluhan Masiswa Yang tergabung dalam Gerakan Aksi Mahasiswa Pemerhati Sosial (Gamhas) Maluku Utara (MU) misalkan mereka mengelar aksi damai di depan Pasar Barito, Kelurahan Gamalama, Ternate Tengah. Sabtu (21/4).

Menurut koordinator aksi,  Rizal , Hari Kartini adalah momentum istimewa bagi kaum perempuan Indonesia. Sebab, Hari Kartini adalah pengingat perjuangan Kartini dalam menyuarakan ide untuk membebaskan kaumnya dari belenggu tradisi dan konstruksi sosial yang sangat melecehkan serta merendahkan martabat wanita pada masanya.

“Di sini kami menyatakan sikap untuk meneladani keberanian Kartini dalam menyuarakan hak-hak seorang wanita, sehingga diskriminasi, ketidakadilan dan perlakuan yang tidak layak kepada kaum wanita tidak terjadi lagi,” kata Rizal seperti dikutip dari selebaran yang dibagikan. (HT)

Tinggalkan Balasan