Beranda Maluku Utara Peran Komunitas Ternate dalam Ternate Coral Day

Peran Komunitas Ternate dalam Ternate Coral Day

792
0

TERNATE – Kegiatan Ternate Coral Day yang digagas para komunitas dalam Jaringan Komunitas Ternate (JARKOT) berdampak positif baik untuk masyarakat umum, hingga memberikan pemahaman bagi wisatawan untuk ke lokasi wisata di Kota Ternate.

Tak hanya itu, dalam rangkaian kegiatan ini pun bermanfaat bagi para komunitas sebab, ada sharing skill antar komunitas di Kota Ternate dan dari Jakarta, transplantasi terumbu karang di Jikomalamo, lomba foto underwater hingga talk show Konservasi Sebagai Akar Pariwisata di Benteng Oranje yang menghadirkan narasumber yakni, Ashma Karimah (Peneliti Terumbu Karang), Risya Nurfitriyani ( Miss Scuba dan Founder Treavel Share), dan Aditiyawan Ahmad (Akademisi dan Pegiat Konservasi Laut).

Ketua Enjoy Ternate Zulfikri Maulana mengatakan, kegiatan digagas oleh orang-orang yang tergabung dalam berbagai komunitas, kemudian bergerak merespon cepat terhadap rusaknya biota laut dan terumbu karang yang disebabkan oleh ulah manusia maupun faktor alam.

Mengingat, Kota Ternate juga belum memiliki spot atau zona konservasi di bawah laut. Selain itu, kegiatan ini berdampak positif, sekaligus sosialisasi pada para wisatawan ketika berkunjung ke zona wisata pantai di Ternate. Dengan harapan semua element masyarakat dan pemerintah dapat menjaga dan melestarikan terumbu karang maupun ekosistem laut lainnya, ujar Zulfikri, Rabu, 02 Mei 2018.

Selama persiapan kegiatan, respon para pegiat diving tidak sedikit yang merespon kegiatan ini dengan cara berdonasi adopsi bibit terumbu karang, kurang lebih sekitar 160 bibit karang yang diadopsi dari 1000 bibit yang telah disiapkan dan sisa dari bibit tersebut bakal di buat kegiatan yang sama ke depan tapi spot selanjutnya bakal di observasi terlebih dahulu.

Pada acara Talk Show di Benteng Oranje semalam, dimeriahkan dengan pentas musik, dan pameran foto bawah air. Dewan Pembina JARKOT DR. Rizal Marsaoly, SE. MM, turut hadir dalam penyerahan hadiah pemenang lomba foto bawah air.

“Saya turut mengapresiasi apa yang telah digagas para pegiat komunitas. Sebab, yang mereka lakukan adalah hal yang penting dan menarik,” Kata Rizal yang juga selaku Kadis Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Ternate (Disperkim).
Menurutnya, kegiatan ini penting sebab, hal ini memberikan nilai edukasi tentang kampanye lingkungan. Bahkan, para akademisi dan peneliti turut memberikan kontribusi, mengungkap data, berdiskusi tentang terumbu karang dan dampak lingkungan saat talk show berlangsung. Menariknya, kegiatan ini belum banyak dilakukan di Maluku Utara. khususnya Kota Ternate.

Kordinator JARKOT Zandry Aldrin mengatakan, ini adalah langkah awal pegiat komunitas secara kreatif menggagas kegiatan yang sebenarnya adalah kampanye penyadaran tentang pentingnya menjaga lingkungan. Ke depan semoga bertambah komunitas – komunitas yang cinta laut dan lingkungan di Kota Ternate.

Zandri pun menyampaikan banyak terima kasih pada pegiat komunitas yang turut berperan aktif dalam rangkaian acara Ternate Coral Day, yakni:

Enjoy Ternate, Laconna Dive Club, Sea Soldier Malut, Travel Share, Disperkim, Bank Indonesia, Explore Ternate, PT Adis, Igers Ternate, Pardidu Photo, Jalamalut, Pelangi Ternate.

Genpi Malut, Pesona Indonesia, Gamalama Spice Island, Nasi Jaha DC, Dodoku DC, Ternate Free Diver, Scuba Dive Unkhair, Sosoro DC, BigO DC, Dashter DC, Dive Morotai, Timur Jauh, Kapseti, Jonga MKR, GenBI Malut, Find My Coral, Baku Faduli, GMPKT.

Untuk Info lebih lanjut, hubungi:
Iki Maulana: 08114325075